Sunday, 18 February 2018 00:00

Air Terjun Jembatan Batu, Halmahera Utara, Prov Maluku

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Kota Tobelo terletak di sebelah timur semenanjung  utara pulau Halmahera dan merupakan kota terbesar di pulau ini .  Tobelo merupakan ibukota kabupaten Halmahera Utara. Kota ini juga merupakan kota yang terindah di kabupaten  Halmahera Utara  . Daya tarik  utama dari Tobelo antara lain terdapat pada banyaknya gugusan pulau kecil dengan pantai yang berpasir putih , laut yang bening seperti kristal dan juga keindahan bawah lautnya yang mempesonaTidak hanya itu, adat istiadat yang masih mengakar kuat di masyarakat juga merupakan alasan utama bagi wisatawan untuk datang ke kota iniSelain itu salah satu keindahan alam yang luar  biasa menakjubkan yang wajib anda kunjungi di Tobelo Halmahera Utara  adalah Air  Terjun  Jembatan Batu.

Air terjun  Jembatan Batu terletak di sekitar Sungai Mede, Tobelo, Hamahera Utara Maluku Utara Namanya yang unik  terilhami dari bentuk bebatuan di depannya yang membentuk semacam  jembatan batu alami.  Keistimewaan Jembatan Batu  tidak terletak pada tingginya yang hanya 10 meter, namun  dengan adanya air terjun mini lainnya yang ada di lokasi yang sama. Letaknya  yang  tersembunyi  dan dikelilingi oleh hutan yang lebat menjadikan air terjun Jebatan Batu sebagai tujuan wisata yang menarik terutama bagi wisatawan pecinta petualang alam

Bagi para pecinta  alam yang memiliki hobi mendaki, tempat ini merupakan salah satu tempat yang patut dikunjungi untuk menaklukkan terjalnya dinding batu yang ada di tempat wisata air terjun Jembatan Batu. Selain terkendala tebing yang terjal, bebatuan yang licin juga merupakan salah satu kendala dalam mencapai puncak tebing tersebut.

Tetapi kesulitan itu akan segera terbayar ketika anda sampai di puncak tebing yang menyuguhkan keindahan panorama alamiSaat anda  melihat panorama Air Terjun Jembatan Batu , anda akan melihat sensasi yang luar biasa. Anda akan melihat seperti kolam renang dari atas atap yang berlubang.Tetapi apabila  hujan, air terjun ini berwarna coklat bercampur dengan tanah. Tetapi apabila tidak hujan, air yang ada di kolam berwarna biru kehijauanAirnya yang jernih ini membuat siapa saja  ingin segera menceburkan diri ke kolam. Di langit-langit  jembatan batu  terlihat cukup banyak sarang burung wallet dan banyak  juga burung lain  yang beterbangan  di sekitar kolam air terjun.

apabila anda sudah sampai di Halmahera Utara,  Kota Tobelo dan akan menuju Jembatan Batu, anda bisa menuju desa  Mede. Karena Air terjun Jembatan Batu terletak di sekitar 6 Km di sebelah barat desa Mede.  Jika anda menggunakan transportasi umum ke tempat ini, anda bisa menggunakan  mikrolet tujuan Galela dari  pertigaan Jl. Kemakmuran-Karianga, Kota Tobelo. Kemudian anda turun di desa Mede atau desa Ruko. Selanjutnya  diteruskan dengan berjalan kaki masuk ke hutan. Oleh karena itu disarankan sebaiknya anda menyewa jasa  pemandu lokal

apabila anda seorang yang senang menguji adrenalin, dan menyukai ketenangan, pilihlah Jembatan batu di Tobelo  , Halmahera Utara ini sebagai tempat liburan dan tempat menguji adrenalin anda.  Kita akhiri pesona Indonesia hari ini dengan topic mengenai  Air terjun Jembatan Batu.

Read 2000 times Last modified on Monday, 19 February 2018 16:06