Monday, 18 November 2019 00:00

Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Benteng Vredeburg adalah sebuah benteng yang terletak di depan Gedung Agung dan Kraton Kesultanan Yogyakarta, lebih tepatnya di Jalan Margo Mulyo. Sekarang, benteng ini menjadi sebuah museum. Di sejumlah bangunan di dalam benteng ini terdapat diorama mengenai sejarah Indonesia.

Benteng pertama kali dibangun pada tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I atas permintaan Belanda yang pada masa itu Gubernur dari Direktur Pantai Utara Jawa dipimpin oleh Nicolaas Harting. Benteng ini dibangun sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan residen Belanda kala itu, dengan dikelilingi oleh sebuah parit yang sebagian bekas-bekasnya telah direkonstruksi dan dapat dilihat hingga sekarang. Benteng berbentuk persegi ini mempunyai menara pantau di keempat sudutnya.

Pada tahun 1992, melalui Surat Keputusan Mendikbud saat itu, benteng ini mulai difungsikan sebagai museum. Beberapa koleksi unggulan dari museum ini seperti, Diorama pelantikan Soedirman sebagai Panglima Besar TNI, Mesin Ketik Surjopranoto, Dokumen Soetomo, dan sebagainya. Museum ini buka setiap hari Selasa – Minggu. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 3000 untuk dewasa, Rp 2000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk wisatawan asing.

Read 1079 times Last modified on Monday, 18 November 2019 10:29