Wednesday, 27 November 2019 00:00

Pulau Penyu Jambi

Written by 
Rate this item
(2 votes)

Tidak kalah dari Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Kepulauan Riau, provinsi Jambi juga memiliki potensi wisata yang mengesankan dan istimewa. Destinasi wisata di Jambi bahkan termasuk salah satu yang terbaik dan terlengkap di pulau Sumatera. Ingin menjelajah kawasan cagar alam, pantai, air terjun bahkan danau yang Instagenik, hampir semuanya bisa Anda lihat di Jambi. Tidak salah jika mulai banyak orang yang menjadikan provinsi yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera ini sebagai salah satu destinasi wisata favorit. Salah satu destinasi wisata yang sedang digandrungi adalah pulau penyu.

 

Pulau Penyu merupakan salah satu dari 20 pulau kecil yang berada di Provinsi Jambi. Pulau ini masuk kedalam wilayah Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur memasukkan destinasi Pulau Penyu kedalam peta wisatanya. Promosi juga kian gencar dilakukan Pemerintah Provinsi Jambi melalui sosial media. Tujuannya agar Pulau Penyu menjadi destinasi wisata bahari andalan di Provinsi Jambi. Selain memiliki estetika yang indah, pulau ini juga kerap dikunjungi oleh Penyu. Ketika musim bertelur, setidaknya ada 5 hingga 6 penyu yang singgah. Jika beruntung, wisatawan dapat melihat proses bertelurnya Penyu di pulau ini.

Karena aktivitas langka itu, pulau ini dinamakan sebagai Pulau Penyu atau sering juga disebut Pulau Telur.

 

Untuk bisa mencapai Pulau Penyu, wisatawan harus menempuh perjalanan darat menuju Pelabuhan Nipah Panjang. Dari Kota Jambi menuju Pelabuhan Nipah Panjang diperlukan waktu sekitar 3 hingga 4 jam lamanya. Perjalanan dilanjutkan menggunakan kapal motor atau speedboat selama sekitar 40 menit menuju Pulau Berhala. Kemudian dari Pulau Berhala menuju pulau penyu dapat ditempuh sekitar 10 menit menggunakan pompong sewaan milik penduduk. Perlu diketahui bahwa pulau penyu merupakan pulau tak berpenghuni. Pulau ini hanya disinggahi oleh penduduk untuk mencari kayu bakar. Karenanya pulau ini tidak memiliki fasilitas apapun. Kendati demikian, wisatawan dapat merasakan sensasi berjelajah di pulau pribadi. Jika tak ada penyu saat Anda mengunjungi pulau itu, tak usah khawatir. Masih ada pesona lain yang bisa dinikmati dari pulau yang tak berpenghuni itu.

 

Salah satunya adalah pantainya yang landai lengkap dengan pasir halus yang terasa lembut saat dijejaki. Momen matahari terbenam di sini juga spektakuler. Suasana keemasan di petang hari memenuhi langit. Bikin betah berlama-lama.

 

Bagi Anda yang ingin berkunjung kesini, sangat disarankan untuk datang pada saat musim kemarau. Hal ini dikarenakan pada musim hujan gelombangnya sangat tinggi sehingga menyebabkan kapal tidak berani beroperasi. Pemandangan indah yang sangat instagramable merupakan salah satu tujuan wisatawan domestik dan mancanegara mengunjungi pulau penyu ini. Jadi siapkan peralatan foto Anda untuk mengabadikan moment berharga di pulau ini.

Read 5584 times Last modified on Wednesday, 27 November 2019 12:17