Tuesday, 27 February 2018 00:00

Curug Cay

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Bengkulu, salah satu provinsi di Sumatera ini terkenal sebagai habitat asli Rafflesia Arnoldi, bunga terbesar di dunia. Oleh karena itulah, Bengkulu mendapat julukan Bumi Rafflesia. Berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia serta memiliki garis pantai yang panjang dan indah, tak heran, jika provinsi ini  punya banyak pantai indah. Objek wisata pantai menjadi salah satu destinasi unggulan di Bengkulu. Selain pantai sebenarnya provinsi ini punya destinasi wisata alam lainnya. Salah satunya Air Terjun atau yang dikenal juga dengan nama Curug. Wisata Air Terjun yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Curug Cay.  Air terjun ini layak dikunjungi karena keindahannya memanjakan mata. 

Curug Cay terletak di Desa Bukit, Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah. Anda dapat menempuh perjalanan darat dari Kota Bengkulu menuju lokasi dengan jarak sekitar 25 kilometer dengan waktu tempuh 45 menit. Setelah tiba di lokasi wisata, untuk masuk melalui pintu gerbang obyek wisata Curug Cay, anda dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 per kendaraan roda dua.dan Rp. 4000 per kendaraan roda empat Rp4.000. Perjalanan pun tidak sampai di situ, anda harus kembali berjalan kaki ke lokasi wisata sekitar 200 meter melewati perkebunan karet warga dan anak tangga sebanyak 172 buah hingga ke kawasan air terjun. Menuruni anak tangga ini cukup melelahkan, karena kemiringannya hingga 45 derajat. 

tiba di lokasi wisata, anda akan terkagum-kagum dengan keindahan Curug Cay. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 12 meter. Di sekitarnya masih tumbuh pepohonan menjulang tinggi yang membuat suasana disini begitu sejuk. Curug Cay memiliki kolam seluas 15 hingga 20 meter. Airnya dingin, dan jernih. Kedalaman airnya sekitar 3 meter. Anda bisa langsung terjun ke kolam air terjun ini untuk merasakan kesegaran airnya. 

Selain berenang di bawah kolam air terjunnya, jangan lupa juga mengabadikan setiap sudut keindahan Curug Cay ini. Jiia mulai lelah, anda bisa duduk di tempat duduk yang telah disediakan. Tempat duduk disana terbuat dari bambu. Ada dua tempat duduk cukup besar. Satu tempat duduknya berada di atas pohon, tepatnya di atas air terjun. Ukurannya dua meter dan sangat kokoh. Dari atas ini, anda bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah. Kawasan wisata ini belum menyediakan restaurant, jadi jika anda berkunjung kesini, lebih baik membawa bekal makanan anda sendiri. Untuk kamar mandi, sudah tersedia dengan baik. 

Read 1558 times Last modified on Tuesday, 27 February 2018 12:35