Monday, 30 December 2019 00:00

Pulau Kasa, Maluku

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Pulau Kasa adalah salah satu pulau tak berpenghuni di wilayah Propinsi Maluku yang berlokasi di Kabupaten Seram Bagian Barat, Kecamatan Seram Barat Piru. Pulau Kasa ini telah ditunjuk sebagai kawasan konservasi, daratan serta kawasan hutannya telah ditetapkan sebagai Suaka Margasatwa dan perairan di sekeliling pulau Kasa di jadikan sebagai Taman Wisata Alam laut yang di kelola oleh dinas pariwisata Kabupaten Seram Bagian Barat. jarak antara Pulau Kasa dan Pulau Ambon, tepatnya dari Pelabuhan Tulehu, sekitar 55,56 kilometer. Jika menggunakan kapal cepat, waktu tempuh tidak lebih dari 1,5 jam. Tiba di pulau Kasa, hamparan pasir putih di daratan sekitar 900 hektar akan menyambut anda.

Selain indahnya pantai dengan pasir putih, Pulau Kasa juga memiliki beberapa jenis flora dan fauna. Beberapa potensi flora Pulau Kasa adalah Anggrek Bulan Ambon, Cemara Laut, Waru Laut, Bintanggor, Pandan Laut dan Beringin Pantai. Sementara Potensi faunanya merupakan burung Camar, Burung Pantai, dan Burung Maleo. Pulau ini telah ditetapkan oleh pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat sebagai Taman Wisata Alam Laut dengan luas keseluruhan pulau 1100 hektar. Pulau ini memiliki pemandangan alam yang indah dengan sumber daya alam laut begitu besar, seperti beraneka ragam terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni.

Pulau ini sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata bahari karena anda dapat menikmati keindahan bawah laut dengan menyelam atau pun snorkeling. Selain menikmati pesona wisata alamnya, anda juga dapat mencicipi kuliner setempat, terutama ikan lautnya.

Read 2500 times Last modified on Wednesday, 01 January 2020 09:36