Thursday, 16 January 2020 00:00

Desa Wisata Batu Dulang

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Berwisata ke Sumbawa Besar, ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat, ada Desa Wisata Datu Dulang yang bisa anda kunjungi. Desa yang berada di ketinggian 850 meter di atas pemukaan laut, dengan suhu berkisar 18 hingga 21 derajat celcius menawarkan suasana alami pedesaan dengan udara yang sejuk. Berkunjung ke Desa Wisata ini, anda bisa menyaksikan lanskap kota Sumbawa Besar, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora. Desa Wisata Batu Dulang terletak sekitar 26 kilometer dari arah kota Sumbawa Besar ke selatan. Desa ini bisa dijangkau dalam waktu sekitar 45 menit.

Berkeliling di Desa Wisata Batu Dulang, anda bisa mendengarkan kicauan puluhan jenis burung di sepanjang jalan desa. Ada 25 jenis burung di Batu Dulang. Diantaranya punglor, sameong, pelatuk, kenenang kuning, burung kipas, dan burung Hantu. Di desa ini, anda bisa bergabung dengan aktivitas warga, yang memproduksi kopi arabika dan robusta dengan cara tradisional. Anda juga bisa menyinggahi galeri UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) setempat, berupa hasil hutan, seperti madu, kopi, minyak kemiri dan buah-buahan di antaranya manggis. Di Batu Dulang, tersedia paket wisata panen hingga pengemasan madu dan kopi bubuk, kunyit, serta buah kemiri menjadi minyak. Desa ini juga penghasil madu hutan yang berkualitas karena hutannya masih sangat baik sebagai sumber pakan lebah hutan. Desa Wisata Batu Dulang merupakan desa pertama yang menerapkan panen lestari madu hutan dan dengan teknik tiris madu tanpa peras tangan, dibawah pembinaan Jaringan Madu Hutan Sumbawa (JMHS) sejak 2008 lalu hingga sekarang.

Berwisata di Desa Batu Dulang, anda juga dapat menikmati kesejukan air terjun Tiu Dua. Dari Desa Batu Dulang, jarak lokasi Air Terjun Tiu Dua, sekitar tiga kilometer atau kurang lebih lima menit bersepeda motor lalu dilanjutkan jalan kaki 25 menit. Ketinggian air terjun itu sekitar delapan meter. Di atas air terjun tersebut terdapat dua kolam besar yang bisa digunakan untuk mandi. Di Desa Batu Dulang juga menyiapkan beberapa menara untuk swafoto, bagi anda yang suka berfoto. Di desa wisata ini tersedia empat homestay yang masing-masing memiliki tiga kamar. Tarifnya Rp75.000 semalam.

Read 1376 times Last modified on Thursday, 16 January 2020 11:34