Monday, 27 January 2020 00:00

Air Terjun Kembang Soka

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Kulonprogo merupakan salah satu kabupaten di provinsi Yogyakarta. Kabupaten ini menawarkan wisata alam seperti kebun teh, air terjun, dan pantai. Edisi pesona Indonesia kali ini, akan memperknalkan kepada Anda salah satu daya tarik wisata Kulonprogo dalam bentuk air terjun, yakni Air Terjun Kembang Soka. Dinamakan air terjun Kembang Soka, karena air terjun ini berasal dari mata air kembang soka, dimana dulunya terdapat pohon kembang sokayang, ukurannya cukup besar. Airnya selalu mengalir sepanjang tahun dan hingga kini masih digunakan warga setempat untuk kebutuhan hidup.

Air Terjun Kembang Soka berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak tempuh dari pusat kota Yogyakarta adalah sekitar 32 kilometer. Waktu tempuhnya kurang-lebih satu jam. Kondisi jalannya menanjak dan berkelok, terutama di kawasan perbukitan. Tiba di lokasi parkir, Anda masih harus berjalan menuju air terunnya, karena berada di dasar lembah. Untuk masuk ke air terjun Kembang Soka, Anda harus membayar tiket Rp.6.000 per orang. Dari lahan parkir, Anda harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak melewati hutan milik masyarakat setempat. Setelah sampai di ujung tebing, Anda bisa melihat indahnya air terjun Kembang Soka dari atas.

Air terjun Kembang Soka sebenarnya merupakan hasil dari pertemuan tiga sumber air, yaitu mata air Kembang Soka (Toyotombo) yang seperti saya sampaikan diatas pada akhirnya menjadi nama air terjun ini, mata air Tuk Jaran atau dapat diartikan sumber rezeki, dan juga mata air Kalimiri. Ketiga mata air ini menjelma menjadi aliran tiga air terjun kecil setinggi kurang lebih 5 meter, 15 meter dan 30 meter. Ketiganya kemudian bertemu pada satu aliran terbesar setinggi kurang lebih 40 meter. Berjalan menuju air terjun, perjalanan anda akan sampai di kolam pertama yang berasal dari tuk atau pancuran Jaran. Kolam ini menjadi yang pertama di Air Terjun Kembang Soka. Menuju ke arah dasar lembah, ada jalan berupa jembatan kayu yang melintas tepat di depan air terjun. Aliran air terjun yang pertama ini berasal dari Sungai Mudal di area atasnya.

Terus berjalan, selanjutnya akan dijumpai air terjun cukup besar yang merupakan terusan dari aliran sebelumnya. Air Terjun Kembang Soka ini alirannya mengalir ke sebuah kolam besar di bawah. Jembatan kayu pun berakhir di kolam itu. Selain cukup besar, sumber kolam ini ternyata tidak hanya berasal dari satu aliran air terjun. Terdapat air terjun lain di sisi barat kolam, yakni Kali (Sungai) Miri

di air terjun ini, ada beberapa kolam air. Air di kolam pun begitu segar dan sejuk karena berasal dari mata air di Perbukitan Menoreh. Begitu menceburkan diri ke dalam kolam, anda pasti ingin berlama-lama berenang dan berendam di kolam air terjun Kembang soka. Tiba di air terjun ini, jangan lupa juga mengabadikan keindahan dan keasrian air terjun kembang soka. Berwisata ke sini, anda tak perlu khawatir, Air Terjun Kembang soka sudah dilengkapi dengan lahan parkir, kamar mandi, dan rumah makan.

Read 1195 times Last modified on Tuesday, 28 January 2020 09:29