Friday, 10 April 2020 21:27

Kemendikbud Gelar Pertunjukan Budaya Daring dan Layar Kaca

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO ; ANTARA FOTO ; ANTARA

 

Pandemik Covid 19, memberikan tantangan kepada para seniman yang harus menunda aktivitas dan pertunjukan kesenian sehingga berdampak buruk kepada pendapatan mereka. Dalam upaya membantu ekonomi para seniman yang terdampak Covid 19 dan juga memberikan hiburan seni yang bermutu kepada masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-Kemdikbud telah menggelar berbagai pertunjukan secara daring dan akan menayangkan pertunjukan seni di TVRI mulai 13 April 2019. Pertunjukan seni melalui daring dapat ditonton melalui laman YouTube dan media social "budayasaya".

Pementasan bersama TVRI yang memiliki tujuan utama untuk pembelajaran di rumah dan mulai tayang pada 13 April 2020 mendatang. Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, dalam taklimat media secara daring menjelaskan,

Ada riau rhytm dari Riau dan ada sejumlah pertunjukan lain yang sudah berjalan dan akan berjalan. Dan Kemdikbud sendiri sedang menyiapkan satu program yang sedang disiapkan, melalui TVRI yang intinya itu mendidik dan juga sekaligus menghibur. Kita bekerjasama dengan teman-teman, dan juga Kemdikbud memberi akses untuk memastikan teman-teman pekerja kreatif untuk jangan kehilangan pekerjaan atau kehilangan tempat untuk berekspresi ya. Berbagai macam inisatif itu selalu ada tujuannya.

Tak hanya itu, pihaknya juga bakal memberi tempat untuk pameran visual. Koleksi visual seperti yang biasa dinikmati di museum dan cagar budaya diupayakan akan terus dapat diakses.

Ahmad Mahendra, Direktur Direktorat Film, Musik, dan Media Baru Ditjen Kebudayaan mengatakan akan ada slot untuk penayangan di TVRI di jam tertentu, seperti jam 8-9 pagi, 10-11 pagi, 14-15 siang, dan dua jam di malam hari. Untuk segmentasinya sendiri akan ada acara untuk umur PAUD, kelas 1 dan kelas 3 SD, acara keluarga, entertaimen, dan pemutaran film anak.

Read 651 times