Sunday, 19 April 2020 07:08

Usai Pandemi, "Staycation" Diprediksi Jadi Pilihan Utama Berlibur.

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO ; ANTARA FOTO ; ANTARA

 

Industri pariwisata optimistis bisnis akan kembali normal setelah pandemi virus corona berlalu, meskipun semuanya tetap membutuhkan proses. Chief Marketing Officer & Co-Founder tiket.com Gaery Undarsa mengatakan wisata domestik diprediksi akan pulih paling cepat ketika COVID-19 telah berhasil diatasi. Satu hal yang diperkirakan akan menjadi primadona bagi mereka yang sudah lama tidak berlibur adalah staycation. Masyarakat tidak perlu bepergian jauh, tapi cukup melepas penat di tempat yang nyaman seperti hotel dengan segala fasilitas mumpuni.

Menurut Gaery, pilihan staycation dapat dilakukan di kota tempat tinggal mereka. Setelah itu, masyarakat akan mulai kembali bepergian ke tempat yang dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi tanpa harus mengandalkan transportasi publik. Misalnya, warga Jakarta berlibur ke Bandung yang dapat dicapai dengan berkendara selama beberapa jam. Kemudian, daerah wisata di Tanah Air yang jadi andalan para pelancong seperti Bali dan Yogyakarta akan menyusul pulih. Setelah itu baru perjalanan internasional.

Belum ada yang tahu kapan pandemi akan berakhir, tapi industri pariwisata dapat belajar dari negara yang telah bangkit seperti China. Gaery menambahkan, masyarakat setempat langsung membanjiri tujuan-tujuan wisata domestik setelah status karantina diangkat. Masyarakat Indonesia mungkin akan melakukan hal yang serupa. Ia memastikan akan terus mendukung para partner, termasuk maskapai penerbangan dan hotel, agar kembali pulih sehingga masyarakat dapat kembali bepergian tanpa khawatir saat situasi membaik kelak. Para konsumen juga dapat menantikan penawaran menarik dari penyedia jasa wisata saat bisnis kembali normal.

Read 788 times