Tuesday, 21 April 2020 05:20

Kolaborasi ITS – Unair Luncurkan RAISA, Robot Pelayan Pasien Covid

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO ITS.AC.ID FOTO ITS.AC.ID

 

Guna meminimalisir kontak antara tenaga medis dengan pasien Covid-19 serta mengurangi pemakaian Alat Pelindung Diri yang persediaannya semakin menipis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berkolaborasi dengan Universitas Airlangga (Unair) secara resmi meluncurkan Robot medical Assistant ITS – Airlangga-RAISA. Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari mengungkapkan, proyek tersebut telah dilakukan bersama dengan Unair dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menyelesaikan satu persatu permasalahan yang ditimbulkan oleh adanya pandemi virus corona atau Covid-19 ini. Ia berharap kontribusi yang diberikan dapat memberikan manfaat untuk para tenaga medis maupun masyarakat.

RAISA telah dirancang oleh orang-orang yang handal dan tim robot ITS yang sudah memenangkan berbagai lomba di mancanegara. Dengan menggandeng tim medis dari Rumah Sakit Universitas Airlangga-RSUA, semakin melengkapi fitur pada robot yang akan dibutuhkan pasien nantinya. Direktur Utama RSUA Prof dr Nasronudin mengungkapkan, banyak tenaga medis di Unair membutuhkan pengaplikasian teknologi dari ITS. Robot ini mampu memberikan pelayanan kepada pasien yang sedang diisolasi seperti mengantar makanan, pakaian, maupun obat-obatan. Walaupun dengan adanya robot ini, pasien juga tetap memerlukan perawat, namun setidaknya intensitas interaksinya dapat berkurang.

RAISA memiliki tampilan yang imut dan dapat menghubungkan pasien dan perawat melalui layar. RAISA ini dikendalikan menggunakan remote control dari jarak jauh dengan joystick. Robot ini merupakan gabungan teknologi yang ada pada empat robot milik ITS sebelumnya, yakni robot sepakbola beroda (Iris), robot kapal tanpa awak (Barunastra), robot humanoid (Ichiro) dan robot untuk Kontes Robot Indonesia (KRI). Robot setinggi 1,5 meter ini dilengkapi dengan empat rak secara bersusun yang bisa membawa banyak barang maksimal 50 kilogram. Selain itu juga dilengkapi monitor untuk komunikasi dua arah antara tenaga medis dengan pasien menggunakan multimedia.

Read 650 times Last modified on Monday, 20 April 2020 06:21