Sunday, 11 March 2018 00:00

Pantai Srau, Di Kabupaten Pacitan

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Kabupaten Pacitan di Jawa Timur tidak hanya terkenal sebagai tempat kelahiran presiden Indonesia yang ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono tetapi tempat ini juga mempunyai sebutan kota seribu gong. Tidak itu saja, kabupaten Pacitan juga mempunyai banyak pantai-pantai yang cantik. Salah satu pantai yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Srau yang terletak di Dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

hampir semua pantai yang ada di Pacitan memiliki pasir putih dengan ombak yang cukup besar. Termasuk di Pantai Srau. Deburan ombak yang ada di pantai Srau membuat pantai ini sangat cocok untuk surfing. Selain ombak besar dan pasir putih lembut yang menggoda, daya tarik lain dari pantai Srau adalah tebing-tebingnya yang menjulang tinggi dan menjorok ke arah laut. Tebing-tebing tinggi yang mengitarinya ini, benar-benar mampu menyempurnakan keindahan Pantai Srau. Keindahan lain dari pantai ini juga akan terlihat jika air laut sedang surut. Pada saat itu anda dapat menuju ke arah batu karang yang terlihat karena air laut surut, dan di sinilah anda dapat mencari spot terbaik untuk mengabadikan saat yang indah di pantai ini .

Pantai Srau berjarak sekitar 25 Km dari kota Pacitan. Butuh waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor untuk bisa sampai ke lokasi pantai Srau. Jika anda menggunakan transportasi darat selain kendaraan bermotor, dari arah Yogyakarta dan Solo anda bisa menuju Pacitan dengan menggunakan kereta api dan berhenti di stasiun Tugu.

Sedangkan jika anda menggunakan transportasi udara, anda dapat mendarat di bandara Yogyakarta dan melanjutkan perjalananan dengan menyewa kendaraan menuju Pacitan. Setiba di Pantai Srau anda cukup membayar Rp. 5000 perorang untuk dapat masuk ke area wisata Pantai Srau ini.

Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat pantai Srau tidak terlalu ramai dikunjungi Karena di sekitar pantai ini tidak ada penginapan resmi, selain bisa tidur dengan menumpang di rumah-rumah penduduk yang ada di sekitar pantai, anda juga bisa mendirikan tenda di pantai Srau ini Karena pantai Srau ini juga cocok untuk berkemah.

Pantai Srau memiliki tiga lokasi yang membuat hati para pengunjung   akan terpesona melihat keindahannya. Tiga lokasi tersebut meliputi: lokasi pertama terletak di timur pantai, di sini terdapat pos penjagaan, di lokasi yang pertama anda akan melihat beberapa batu karang yang membentuk bukit di bibir pantai, ada juga batu karang yang berbentuk seperti terowongan, dan ini menjadi keunikan tersendiri di pantai Srau. Anda dapat melihat pemandangan matahari terbit yang cantik sekali. Lokasi ke dua, berupa tempat duduk-duduk santai yang terbuat dari beton serta merupakan lokasi favorit pengunjung. Pengunjung bisa bersantai sambil melihat keindahan pantai Srau. Di tempat ini biasanya banyak pengunjung melakukan aktifitas surfing atau selancar. Sedangkan di lokasi ke tiga terdapat anjungan kecil yang disediakan oleh pengelola untuk melihat keindahan sunset di Pantai Srau. Dari lokasi ke tiga ini, anda juga bisa melihat batu karang yang menonjol yang bentuknya mirip dengan ikan hiu.

Read 3013 times Last modified on Sunday, 11 March 2018 17:30