Sunday, 26 April 2020 05:25

Pantai Dato Majene

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO ; ANTARA FOTO ; ANTARA

 

Pantai Dato Majene terletak sekitar 7 Km dari Kota Majene, dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau sewaan. Kondisi jalan menuju pantai ini sudah baik dan mulus. Pantai Dato Majene terbagai atas 2 bagian, yaitu pantai berpasir putih halus dan pantai beralaskan karang. Keberadaan kontur pantai yang berkarang dan menjorok ke laut menambah pesona Pantai Dato Majene. Terlebih lagi terdapat batu karang raksasa yang terhubung dengan tangga sehingga pengunjung dapat naik dan menikmati pemandangan dari atas.

Pemandangan lain yang menarik di Pantai Dato Majene adalah bongkahan batu karang yang memiliki lubang atau bentuk unik karena dihempas ombak secara terus menerus selama ratusan tahun. Beberapa batu karang raksasa bahkan berdiri menjorok ke arah laut. Anda dapat menaiki bukit karang dengan ketinggian sekitar 20 meter. Dari atas sana anda dapat menikmati pemandangan sekitar Pantai Dato Majene yang cantik. Karena air lautnya yang jernih, anda bisa menikmati ikan-ikan kecil yang berenang di antara terumbu karang. Bila menjelang matahari terbenam, sebaiknya anda naik lagi ke Batu Karang, untuk menyaksikan matahari terbenam. Karena pada saat itu , anda akan menyaksikan pemandangan yang luar biasa indah.

Selain pemandangan indah yang dapat anda saksikan di Pantai Dato Majene, anda juga dapat menyaksikan kegiatan khusus yang diadakan pada bulan Agustus sampai September di pantai ini, yaitu Sandeq race. Sandeq race adalah ajang balap perahu sandeq atau perahu tradisional khas suku Mandar. Pemandangan ini tentu akan menyuguhkan pengalaman dan pemandangan berbeda bagi wisatawan mengingat nilai budaya lokal menunjukkan keistimewaannya dalam bentuk balap perahu tradisional.

Untuk menuju Kabupaten Majene, anda bisa menggunakan pesawat melalui Bandara Tampa Padang di Mamuju atau Bandara Sultan Hasanuddin di Makasar , Sulawesi Selatan . Jarak dari Mamuju ke kota Majene dapat ditempuh menggunakan kendaraan darat dengan waktu tempuh selama tiga jam. Tetapi jika dari Makasar , akan memakan waktu sekitar 6 jam. Jika anda sedang berlibur dan berada di Sulawesi Barat, luangkan waktu untuk menikmati keindahan Pantai Dato Majene yang indah.

Read 833 times