Sunday, 03 May 2020 00:00

Kopi Bisa Menjadi Daya Tarik Pariwisata Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)


VOI WARNA WARNI Saat ini Indonesia merupakan salah satu produsen kopi terbesar keempat di dunia, setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Dengan potensi yang dimiliki ini, kopi dapat dijadikan dan dikembangkan sebagai daya tarik wisata bagi para wisatawan. Hal itu dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama beberapa waktu lalu dalam sebuah Talkshow Online bertajuk Satu Dalam Kopi. Menurutnya kita bisa belajar dari negara lain yang sudah mengembangkan wisata serupa. Seperti Prancis dan Australia, negara ini telah menjadikan perkebunan anggur untuk tujuan ekonomi saja namun juga menjadikannya sebagai daya tarik wisata. Misalnya dengan menjadikan perkebunan anggur menjadi wineyard atau resort. Jika ada wineyard kita juga bisa membuat coffeeyard.

Ada banyak sekali perkebunan kopi tersebar berbagai wilayah di Indonesia yang menjadi daya tarik bagi wisawatan. Dan perkebunan kopi tidak kalah menarik dengan perkebunan anggur.

Kultur kopi sendiri dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata, dengan catatan, para pelaku usaha bisa mengelola dan menghasilkan kopi yang khas dan unik. Menteri mengatakan ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku usaha kopi untuk bisa menjaga kualitas dan memenuhi standar kualitasnya. Jika demikian Wishnutama yakin kopi akan menjadi potensi pariwisata yang luar biasa.

Read 889 times Last modified on Sunday, 03 May 2020 14:25