Tuesday, 19 May 2020 00:00

Kue Popaco

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO KOMPAS FOTO KOMPAS

Sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia dan adanya himbauan di rumah aja, Pantai Falajawa di Ternate, Maluku Utara menjadi tempat favorit warga setempat untuk menunggu waktu berbuka dengan menikmati keindahan pantai sambil berburu kuliner khas untuk berbuka puasa. Beragam makanan dan kue khas tradisonal bisa ditemukan di sini. Menu yang jadi favorit dan selalu diburu sebagai hidangan khas berbuka puasa adalah Nasi Jaha, Kue tradisional Lalampa dan juga kue khas Popaco.

Kue Popaco memang menjadi salah satu kuliner favorit warga ternate untuk berbuka puasa. Kue ini manis, legit dan gurih, sehingga cocok sebagai menu berbuka puasa. Kue tradisional ini terbuat dari tepung beras yang direbus dengan gula aren, daun pandan dan santan. Setelah matang, kue dituang ke dalam mangkuk Popaco yang terbuat dari daun pisang. Lalu disiram saus yang terbuat dari santan dan tepung maizena. Disajikan dingin lebih legit dan nikmat. Selain enak dinikmati sebagai menu berbuka puasa, Kue tradisional ini juga enak dinikmati saat minum teh atau kopi di pagi atau sore hari. Di Ternate, kue Popaco juga menjadi santapan setiap kali orang menyelenggarakan ibadah syukuran ataupun saat berkumpul bersama keluarga.

tak sulit menumukan kue Popaco di Ternate. Apalagi saat bulan Ramadhan, banyak pedagang yang menjajakan kue tradisional ini sebagai menu berbuka puasa. Harganya relatif murah, sekitar Rp.2500 hingga Rp. 5000 per porsi. Sedang kuliner favorit berbuka puasa lainnya, seperti Nasi Jaha atau nasi ketan yang dimasak dalam bambu dan kue Lalampa, kue dari beras ketan yang diisi ikan cakalang juga banyak dijual di Ternate. Harga Nasi Jaha sebesar Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 per porsi dan kue Lalampa sebesar Rp. 3000 hingga Rp.5000 per potong.




Read 715 times Last modified on Tuesday, 19 May 2020 15:07