Thursday, 02 July 2020 00:00

Desa Wisata Colol

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
FOTO  KOMPAS FOTO KOMPAS

Desa Colol di Kecamatan Poco Ranaka Timur, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur sejak lama dikenal sebagai daerah penghasil kopi. Kini desa ini ditetapkan sebagai desa wisata berbasis kopi. Kopinya dikenal dengan nama Kopi Colol. Kopi Colol sudah terkenal di tingkat Internasional. Kopi ini sudah pernah mendapatkan beberapa penghargaan dan kemenangan dalam berbagai festival kopi tingkat nasional. Awal mula petani setempat menanam kopi di Colol adalah bibit kopi yang dibawa oleh orang Belanda. Berawal dari Colol kemudian kopi disebarluaskan ke seluruh petani di Manggarai Raya. Saat ini Kopi Colol sudah diekspor ke Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa.

Kampung Colol berada di sebuah lembah berhawa dingin dan tanahnya subur untuk ditanami berbagai jenis tanaman holtikultura. Berwisata ke desa wisata ini, anda bisa menikmati segarnya udara dan asrinya desa wisata ini. Karena merupakan desa wisata berbasis kopi, tentu anda harus menikmati uniknya citra rasa kopi Colol. Anda juga bisa berwisata agrobisnis sekaligus ikut panen kopi bersama petani di Kampung Lembah Colol. Musim panen kopi di wilayah Manggarai Raya biasanya berlangsung dari Juni hingga Agustus.

Tak hanya itu, berwisata ke desa Colol, anda bisa juga menyaksikan dan merasakan tradisi-tradisi masyarakat setempat. Warga masyarakat di Manggarai Timur memiliki tradisi Inung Kopi Pait (minum kopi pahit). Jadi apabila bertamu di rumah-rumah orang Manggarai Timur maka mereka akan menyuguhkan kopi pahit (Inung Kopi Pait). Saat ini petani di Kampung Lembah Colol serta kampung lain di Manggarai Raya sedang musim panen kopi. Memang disarankan berkunjung ke desa wisata ini lebih baik saat musim panen kopi.



Read 1243 times Last modified on Thursday, 02 July 2020 08:32