Monday, 06 July 2020 00:00

Coto Makassar, Sulawesi Selatan

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Coto Makassar Coto Makassar

VOI PESONA INDONESIA Coto Mangkasara atau biasa disebut Coto Makassar adalah hidangan berkuah khas Makassar yang cukup banyak penggemarnya di Indonesia, bahkan cukup terkenal hingga ke Mancanegara. Ke Makassar tidak lengkap jika belum mencicipi Coto Makassar. Setiap wisatawan nusantara datang ke Makassar, salah satu agenda utamanya adalah mencicipi Coto Makassar.

Coto Makassar berbahan dasar daging sapi, ditambah dengan jeroan sapi atau isi perut sapi berupa paru, hati, usus, jantung, dan babat, yang direbus dalam waktu yang lama. Sementara bumbu kuahnya merupakan perpaduan sejumlah rempah-rempah dan gilingan kacang tanah yang sudah digoreng. Rebusan jeroan sapi yang bercampur dengan daging sapi tersebut kemudian diiris dan dibumbui dengan bumbu yang sudah diracik sendiri.

setelah jeroan dan daging sapi direbus dengan kuah yang telah dicampur dengan jahe, lengkuas, serai dan daun salam, tiriskan airnya dan potong daging menjadi bentuk dadu dan rebus kembali dengan kuah kaldu. Kemudian tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan.

Bumbu ini mencakup, bawang putih, bawang merah, tauco, cabai keriting yang sudah direbus, kemiri, ketumbar, jintan yang sudah disangrai, merica butiran dan garam. Setelah tercium bau harum dari tumisan bumbu tersebut, selanjutnya masukan bumbu tersebut kedalam kaldu, dan tambahkan kacang tanah yang sudah digoreng dan rebus hingga mendidih.

saat ini Coto Makassar sudah menyebar ke seluruh penjuru Indonesia, mulai dari warung di kaki lima hingga restoran. Apabila anda mengunjungi Makassar sangat disarankan untuk mencicipi masakan ini. Anda dapat menemukan makanan ini hampir disetiap tempat makanan di Makassar dengan kisaran harga Rp. 20.000 – Rp. 25.000 per porsi.

Read 511 times Last modified on Tuesday, 07 July 2020 07:54