Tuesday, 15 September 2020 00:00

“Kuliner Gogodoh Benyalam”

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Antara Foto Antara Foto

VOI PESONA INDONESIA Berwisata ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, jangan lupa mencicipi kuliner khas suku Banjar yang merupakan salah satu dari penduduk lokalnya. Suku Banjar punya beragam kuliner lokal yang lezat, seperti Soto Banjar, Sate Banjar dan Ketupat Kandangan. Untuk camilannya sendiri, suku Banjar punya kue Bingka yang begitu populer dan Gogodoh benyalam. Kali ini, kami akan mengajak anda mengenal camilan Gogodoh Benyalam.

dalam bahasa Banjar, Gogodoh berarti pisang. Kuliner ini memang berbahan dasar utama pisang. Dari tampilannya saja tampak irisan pisang bercampur kuah santan bertekstur kental. Selain terbuat dari pisang jenis menurun, gogodoh benyalam terbuat dari tepung terigu, gula pasir, telur ayam, santan kental, garam, vanili, pewarna makanan, dan daun pandan. Cara membuatnya cukup mudah. Kuah santan kental yang dicampur pewarna makanan, garam, vanili, dan gula pasir direbus hingga mendidih.Potongan pisang dilumuri tepung lalu celup ke dalam kuah santan yang sudah mendidih. Setelah itu baru dicampur telur dan diaduk-aduk. Setelah matang, gogodoh benyalam dibiarkan sampai dingin.

Saat penyajian agar tampilan kuliner ini tampak cantik, seringkali ditambahkan potongan kecil daun pandan diatas irisan pisang. Menikmati gogodoh benyalam paling cocok ketika masih hangat. Rasanya gurih dan kental. Kuliner ini sangat nikmat disantap sore hari bersama secangkir teh.Untuk menikmatinya, anda bisa datang ke warung-warung tradisional di Banjarmasin.

Read 458 times Last modified on Tuesday, 15 September 2020 08:43