Thursday, 17 September 2020 00:00

Dusun Butuh

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Antara Foto Antara Foto

VOI PESONA INDONESIA Berwisata ke Magelang, Jawa Tengah, tak hanya Candi Borobudur yang bisa anda kunjungi. Kota ini punya banyak  objek wisata menarik lainnya. Sebut saja salah satunya Dusun Butuh, Dusun tertinggi di Magelang. Lokasinya berada di lereng Gunung Sumbing. Desa wisata ini berada di ketinggian 1700an meter diatas permukaan laut. Uniknya, di dusun ini rumah-rumah  berderetan persis berada di bawah Gunung Sumbing. Banyak orang menyangka pemandangan deretan rumah di lereng gunung  ini seperti di Nepal.

 

Lokasi dusun ini berjarak kurang lebih 20 kilometer, sekitar setengah jam perjalanan dari Kota Magelang menggunakan sepeda motor. Jumlah penduduk Dusun Butuh sekitar 610 Kepala Keluarga dan 2.500 jiwa. Mayoritas warga bekerja sebagai petani. Mereka menanam berbagai sayuran mulai dari kentang, wortel, kol dan sayuran lainnya. Susunan rumah warga di Dusun Butuh cukup unik. Rumah dibangun beraturan, mengikuti kontur dari kaki Gunung Sumbing. Dulu, sebelum dibangun rumah, lahan itu merupakan ladang pertanian warga, sehingga bangunan rumahnya jadi mengikuti kontur lahan. Dari bawah, memanjang terus ke lereng paling atas.

Anda yang suka dengan pemandangan alam maupun tracking bisa berkunjung menuju dusun ini. Sambil tracking mengelilingi dusun, anda bisa berfoto dengan pemandangan deretan rumah di lereng gunung layaknya di Nepal. Anda juga bisa melihat hamparan tanaman sayuran, dan jika cuaca cerah anda bisa melihat Gunung Sumbing dari kejauhan. Selain itu, bagi yang hobi naik gunung, desa ini merupakan salah satu basecamp pendakian menuju Gunung Sumbing. Di depan basecamp ini, anda bisa melihat pemandangan dari kejauhan sambil mencicipi  kuliner lokal setempat.

Read 478 times Last modified on Thursday, 17 September 2020 16:00