Thursday, 17 September 2020 00:00

Hari Ini dalam Sejarah

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Antara Foto Antara Foto

VOI HDS Kami awali dengan peristiwa tahun 1945 Palang Merah Indonesia didirikan.

Perjuangan mendirikan Palang Merah Indonesia (PMI) diawali 1932. Kegiatan tersebut dipelopori Dr. R. C. L. Senduk dan Dr. Bahder Djohan dengan membuat rancangan pembentukan PMI. Proses pembentukan PMI setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia dimulai 3 September 1945. Saat itu Presiden Soekarno memerintahkan Menteri Kesehatan RI pada waktu itu, Dr. Boentaran Martoatmodjo agar membentuk suatu badan Palang Merah Nasional. Tepat sebulan setelah kemerdekaan RI, 17 September 1945, PMI terbentuk. Peristiwa bersejarah tersebut hingga saat ini dikenal sebagai Hari PMI.

Hari ini Dalam Sejarah dilanjutkan dengan Hari Perhubungan Nasional yang diperingati tiap tanggal 17 September setiap tahunnya. Sebelum ditetapkannya hari perhubungan nasional, setiap Badan usaha Milik Negara-BUMN yang bergerak di sektor perhubungan merayakan hari jadi mereka masing-masing di tanggal yang berbeda dan berdekatan. Mempertimbangkan waktu dan biaya, perayaan yang berdekatan untuk merayakan hal yang nyaris sama dianggap tidak efisien. Oleh karena itu, pada tahun 1971 ditetapkan peringatan hari perhubungan nasional untuk menyatukan peringatan hari bakti seluruh BUMN yang bergerak di bidang transportasi, yaitu 17 September. Hari perhubungan nasional ini ditetapkan pada tahun 1971 melalui keputusan Menteri Perhubungan yang diterbitkan pada tanggal 26 Agustus 1971.

Kami akhiri Hari Ini dalam Sejarah dengan Perjanjian Perdamaian Camp David untuk 'perdamaian' di Timur Tengah yang ditandatangani pada tanggal 17 September 1978 di Gedung Putih, Washington DC.

Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter memimpin perundingan yang berlangsung selama 12 hari antara Presiden Mesir Anwar Sadat dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin. Perjanjian ini mendapatkan namanya dari tempat peristirahatan milik para presiden AS, Camp David, di Frederick County, Maryland, tempat perundingan berlangsung. Perjanjian ini juga melahirkan Perjanjian Damai Israel-Mesir pada tahun 1979.

Read 567 times Last modified on Thursday, 17 September 2020 15:59