Monday, 21 September 2020 00:00

Mahasiswa Universitas Brawijaya Buat Pestisida dari Batok Kelapa

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Foto:Antaranews Foto:Antaranews

Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya membuat pembasmi petsida dari limbah batok kelapa. Limbah batok kelapa sengaja dipilih menjadi bahan utama karena desa Sutojayan, Kabupaten Blitar merupakan daerah dengan lahan pertanian yang luas, dan jumlah pohon kelapa yang melimpah. Tim melakukan program sosialisasi dan pelatihan secara bertahap melalui media online untuk menangani masalah limbah organik khususnya batok kelapa di Desa Sutojayan.

 

 

Program pelatihan yang dinamakan LIKE-TOK tersebut, bertujuan memberikan edukasi dan pendampingan kepada masyarakat dalam produksi asap cair dan produk samping berupa briket untuk meningkatkan dan memberdayakan kesejahteraan masyarakat. Selain itu program LIKE-TOK dapat menciptakan kelompok tani yang mandiri.Dalam sosialisasi tersebut tim LIKE-TOK memaparkan bagaimana membuat pestisida cair dibuat dari batok kelapa yang sudah kering.Prosesnya dilakukan dengan alat pirolisis. Dengan alat ini akan dilakukan proses pembakaran batok kelapa dengan suhu kurang lebih 400 derajat Celcius selama 3-6 jam. Setelah proses pembakaran akan terjadi destilasi uap dan terjadi proses kondensasi dan terbentuklah asap cair. Asap cair inilah nanti yang akan digunakan untuk bahan Petsida.

 

 

Program LIKE-TOK akan terus berlanjut dan akan terus dikembangkan untuk mencapai peningkatan kesejahteraan dan mengurangi permasalahan limbah Desa Sutojayan. Melalui program ini, LIKE-TOK dapat mengurangi limbah batok kelapa sebanyak 98,8% setiap bulannya. Selain bisa mengurangi pencemaran lingkungan, asap cair dari batok kelapa bisa memberdayakan dan meningkatkatkan ekonomi masyarakat Desa. Rencana tahapan berikutnya dari program LIKE-TOK yaitu melakukan penjualan secara online dengan menggunakan e-commerce untuk menjangkau pasar yang lebih luas

 

 

 

 

Read 543 times Last modified on Monday, 21 September 2020 11:58