Wednesday, 18 November 2020 00:00

Pulau Koaba

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

VOI PESONA INDONESIA Nusa Tenggara Timur merupakan surga bagi para pecinta alam, keanekargaman hayati dan kedamaian dengan suguhan surga dunia yang membentang dari udara, darat hingga dasar lautnya yang merupakan impian semua orang hingga mampu menarik perhatian turis mancanegara karena pesona alam dan sejuta keanekaragaman hayati yang ditawarkan salah satu propinsi paling eksotis di Indonesia Timur ini. Manggarai Barat juga merupakan wilayah yang menyuguhkan deretan wisata eksotis salah satunya yaitu Pulau Koaba atau juga dikenal dengan pulau kalong yang berlokasi tidak jauh dari Taman Nasional Komodo yang masuk dalam 7 keajaiban dunia dan merupakan habitat besar bagi para kelelawar raksasa atau disebut juga kalong yang menghuni deretan pohon eksotis di dalam pulau tersebut.

Lokasi detail wisata ini terletak di Kabupaten Manggarai tepatnya di kawasan hutan lindung Mbeliling di Labuan Bajo. Untuk sampai di pulau dengan ribuan kelelawar buah ini, Anda akan disuguhkan pemandangan eksotis. Apabila anda berangkat menggunakan pesawat, dapat turun di bandara terdekat atau disarankan turun di Denpasar. Dari Bali Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik kapal Feri jarak jauh selama kurang lebih 4 sampai 5 jam ke Nusa Tenggara Timur. Sesampai di sana, naik bis umum ke pelabuhan Labuan Bajo lalu dilanjut dengan speedboat atau kano menuju Pulau Koaba sejuah 8 km atau memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan air. Memang aga jauh namun sesampainya disana Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah. 

Pulau kecil dengan rimbunan hutan lebat dan dikelilingi air biru laut yang berisikan jutaan satwa dan tumbuhan laut ini merupakan rumah bagi ribuan kelelawar besar atau kalong yang pada siang hari bertengger di pepohonan dan berkeliaran pada petang hingga malam hari untuk berburu. Meskipun dihuni ribuan kelelawar, banyak pengunjung mengatakan sedikit susah bertemu dengan kelelawar karena kehidupan malam para nocturnal itu yang sulit dijelajahi. Namun, anda dapat mencoba untuk melihat sekitar pukul 6 petang. Tidak ada fasilitas penginapan di pulau ini jadi sangat disarankan bagi Anda untuk menikmati beberapa spot diving di wilayah pulau tersebut sambil menunggu munculnya sang makhluk malam. Pengelola wisata di dekat pelabuhan tentu telah menyediakan sewa masker, fin, pelampung, tabung gas hingga pakaian menyelam dan renang. Menghabiskan waktu di kawasan wisata alam seperti Pulau Koaba ini merupakan pilihan paling tepat untuk dapat melihat langsung kebesaran Tuhan yang memberikan keistimewaan bagi Indonesia dengan beragam budaya, pesona alam dan keanekaragaman hayati.

Read 440 times Last modified on Wednesday, 18 November 2020 14:48