Sunday, 29 November 2020 00:00

Bubuy Ayam Kuliner Legendaris Khas Subang

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Antaranews Antaranews

Dalam bahasa Sunda, bubuy berarti   memasak dalam bara sekam. Jadi bubuy hayam atau bubuy ayam adalah ayam yang dimasak dalam bara sekam selama enam jam. Kunci dari cita rasa bubuy ayam ini terletak pada rempah-rempah dan bumbu-bumbunya. Bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, dan kemiri, semuanya itu ditumbuk halus dan dicampur dengan telur ayam kampung agar menambah cita rasa. Kemudian sebagian bumbu halus tersebut dibalurkan ke kulit ayam agar meresap sempurna. Sisa bumbu tadi ditambah daun kemangi, lengkuas dan serai dan dimasukkan ke dalam perut ayam. Setelah itu ayam  kemudian dibungkus dengan daun pisang yang berlapis-lapis agar pada waktu di masak dalam sekam isinya tidak bocor keluar. Ayam yang sudah dibungkus kemudian dimasak dengan cara dikubur dalam bara sekam selama 6 jam. Setelah 6 jam biasanya aroma bubuy hayam sudah tercium dan daging ayam sudah lunak. Bubuy ayam yang sudah masak biasanya diambil dengan menggunakan sendok semen, karena panasnya. Apabila hendak membeli bubuy hayam sebagai oleh-oleh, anda harus pesan dulu sehari sebelumnya. Untuk 1 ekor bubuy ayam anda cukup membayar Rp. 130.000, harga yang sepadan dengan bahan yang berkualitas dan pembuatannya yang terbilang rumit .

proses memasak dengan cara dibubuy ini selain membuat bumbu jadi lebih meresap, makanan juga jadi lebih menyehatkan. Sekam yang digunakan untuk mengubur ayam yang sudah dibungkus daun adalah gabah sisa panen padi dan serbuk kayu. Sekam sudah dijadikan abu terlebih dahulu agar panasnya bisa tersebar dengan merata. Pada waktu menghidangkan, bungkusan bubuy ayam diletakkan di atas nampan, daun pisang kemudian digunting dan dibuang bagian yang gosong. Bubuy ayam yang sudah matang ini, berwarna kuning dan dagingnya sangat lunak, bahkan kalau diambil tulangnya bisa langsung lepas. Biasanya bubuy hayam ini disuguhkan dengan nasi putih, lalapan timun, daun tespong dan tahu tempe goreng. Karena bubuy ayam ini tidak pedas maka dapat ditambahkan sambal dadak dan sambal tomat .

apabila anda sedang berada di Subang, anda harus mencoba bubuy ayam yang menjadi kuliner legendaris khas Subang ini. Selain bubuy ayam ini menyehatkan, rasanya juga dijamin membuat anda ketagihan . Pendengar demikian Pesona Indonesia hari ini, kita berjumpa lagi besok.

Read 506 times Last modified on Monday, 30 November 2020 07:40