Wednesday, 09 December 2020 00:00

Botol Minum Portabel ubah Air Laut jadi siap minum inovasi UNS

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Antaranews Antaranews

Indonesia adalah negara kepulan dimana 2 per 3 bagian wilayahnya adalah lautan. Air laut Indonesia sangat melimpah. Ada banyak alat yang mampu mengkonversi air laut menjadi air siap minum. Tetapi alat itu biasanya besar dan kurang efisien. Namun berbeda dengan karya tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret ( UNS) ini. Mereka dapat membuat alat berbentuk botol yang bisa dibawa kemana-mana (portabel).

Botol berukuran tinggi 20 cm dan diameter tabung 15 cm ini memiliki kapasitas penampungan wadah air laut sebanyak 700 ml serta perkiraan air minum yang dihasilkan yaitu 140 ml. Mereka adalah salah satu Tim Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC) dari UNS yang membuat inovasi berupa desain botol untuk konversi air laut menjadi air bersih siap konsumsi.

 

 

Menurut Delta sebagai ketua tim, ide inovatif ini berangkat dari keresahan untuk lebih memanfaatkan air laut yang melimpah namun belum dimanfaatkan dengan maksimal dalam kebutuhan sehari-hari.

Mengingat kebutuhan air bersih yang terus meningkat, mereka akhirnya memutuskan untuk menghadirkan alternatif pemenuhan kebutuhan air bersih dan air minum konsumsi bagi masyarakat dari konversi air laut. Terutama bagi masyarakat yang berada di daerah pesisir pantai, diharapkan nantinya dapat memenuhi kebutuhan air sekaligus menjadi solusi dari masalah kekurangan air minum.

 

 

Adapun cara kerja alat tersebut juga cukup sederhana. Cara kerja penyaringan, pertama-tama air dialirkan melalui saringan mikro untuk menyaring kotoran kecil. Kemudian air ditampung dan akan dipanaskan melalui heater.

Setelah melalui proses pendinginan, air akan disaring melalui carbon filter dan batuan mineral untuk menjernihkan air. Selepas melalui proses filtrasi, air akan dialirkan ke wadah yang sudah disediakan dan air siap untuk digunakan.

Read 600 times Last modified on Thursday, 10 December 2020 08:38