Sunday, 13 December 2020 00:00

Resep Jamu Kekinian Untuk Generasi Milenial.

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Antaranews Antaranews

Jamu merupakan minuman tradisional Indonesia yang secara turun temurun dipercaya memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan. Jamu terbuat dari aneka rempah. Akan tetapi minuman tradisonal jamu mungkin tidak banyak diminati oleh kaum milenial.

Akademisi dan dosen Departemen Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga, Surabaya, Pinky Saptandari, mengatakan, perlu dilakukan modifikasi kekinian agar jamu diminati generasi milenial. Modifikasi kekinian pada jamu bisa dilakukan dengan mengembangkan resep baru, namun tetap menjaga khasiat atau substansinya. Hal itu diungkapkan Pinky dalam acara Master Class Jalur Rempah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tema "Sambung Rasa: Master Rempah Dunia 2020", belum lama ini di Jakarta.

Menurut Pinky, resep-resep baru itu mungkin bisa muncul melalui lomba menciptakan kreasi baru minuman rempah atau jamu. Bahkan, jika resep baru itu diakui, minuman itu bisa dijadikan minuman nasional yang disuguhkan kepada tamu kenegaraan. Hal ini tentunya akan membangun image menarik, enak dan sehat pada jamu. Tidak menutup kemungkinan, ini juga akan menjadi daya tarik bagi kafe-kafe untuk menyajikan jamu dengan penampilan dan kemasan yang menarik.  

Sementara itu CEO PT Suwe Ora Jamu, Amertha Nova Dewi Setiabudi, mengatakan, salah satu fokus terpenting perusahaannya dalam membuat  jamu adalah rasa. Pihaknya ingin memberikan sentuhan rasa yang dapat dinikmati anak-anak muda, sehingga bisa menghilangkan kesan bahwa "jamu itu pahit, minuman orang tua, dan tidak enak. Justru sebenarnya jamu merupakan minuman kesehatan yang dapat membantu menjaga kesehatan, kebugaran dan kecantikan. Amertha Nova mengatakan tidak ingin memaksa generasi milenial untuk meminum jamu, tapi dia ingin mereka menikmatinya.

Read 673 times Last modified on Sunday, 13 December 2020 07:57