Tuesday, 15 December 2020 00:00

“Wayang Windu Panenjoan”

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Kompas Kompas

Pesona Indonesia kali ini, akan memperkenalkan kepada anda objek wisata yang saat ini sedang viral di media sosial di Indonesia. Letaknya di kabupaten Pengalengan, Jawa Barat. Sempat viral di media sosial, karena objek wisata bernama Wayang Windu Panenjoan menawarkan beragam spot selfie dengan panorama indah perkebunan teh di segala penjuru dan suasana alam yang asri. Kata “panenjoan” sendiri berarti selayang pandang atau penglihatan. Jadi sejauh mata memandang, keasrian, dan kesejukan yang terlihat.


Wayang Windu Panenjoan terletak di Kebun Teh Kertamanah yang memiliki luas mencapai 13 hektar dan berada di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 per orang, dengan tarif parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil. Ada beragam aktivitas wisata menarik yang bisa dilakukan disana. Anda bisa menikmati suasana asri Pengalengan. Bagi yang suka foto, disini tersedia beragam spot selfie. Ada menara pandang tinggi yang terbuat dari kayu. Dari sana anda bisa melihat pemandangan Pangalengan dari ketinggian sekaligus berfoto dengan latar belakang alam yang hijau. Ada pula jembatan kayu yang melintang di atas hamparan kebun teh. Selain itu ada juga ornamen menyerupai pintu yang terbuka yang terbuat dari kayu. Selain berfoto dengan latar belakang langit cerah Pangalengan, jangan lupa juga menantikan momen sunset yang jadi ikon dari Wayang Windu Panenjoan.

Anda juga bisa datang pada malam hari, untuk mendapatkan lukisan langit malam yang indah dengan bintang- bintang yang terang. Selain spot foto, ada pula wahana wisata lainnya yang bisa dicoba. Pengelola menyediakan wahana ATV mengelilingi kawasan Wayang Windu Panenjoan. Tarifnya Rp 50.000 untuk satu putaran. Setiap putaran jaraknya kurang lebih 1,2 kilometer. Jika ingin berkemah, anda juga bisa melakukannya di sini. Tersedia beberapa spot yang bisa digunakan sebagai camping ground. Untuk tarif camping ground terdiri dari tiket masuk Rp 20.000, belum termasuk biaya keamanan Rp 10.000. Ada pula biaya parkir Rp 6.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Wayang Windu Panenjoan punya fasilitas yang lengkap, seperti toilet, mushola, rumah makan,hingga gazebo. Bagi anda yang suka foto dan panorama alam yang asri, Wayang Winduu Panenjoan cocok menjadi destinasi wisata anda selanjutnya.

Read 392 times Last modified on Tuesday, 15 December 2020 09:03