Wednesday, 23 December 2020 00:00

Surga Di Taman Nasional Wakatobi

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO ANTARA FOTO ANTARA

VOI PESONA INDONESIA Pulau Sulawesi memiliki banyak potensi tempat wisata menarik yang patut untuk anda kunjungi. Salah satu tempat yang menarik dan banyak dikunjungi wisatawan mancanegara untuk menikmati keindahan alam khususnya wisata bahari adalah provinsi Sulawesi Tenggara. Keindahan Tempat Wisata bahari Sulawesi Tenggara ini dijamin membuat Anda terpana. Sebagai bangsa Indonesia layak bangga karena sebagai negara maritime, Indonesia banyak memiliki surga bawah laut paling indah di dunia. Surga bawah laut tersebut salah satunya dikenal dengan Taman Nasional Wakatobi yang terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Wakatobi yang mulai dijadikan Taman Nasional pada tahun 1996, dengan total area 1,39 juta hektar, memiliki keanekaragaman hayati laut dan karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Keindahan dan kekayaan kawasan Taman Nasional Wakatobi sebenarnya sudah terkenal di mancanegara. Terutama setelah adanya Ekspedisi Wallacea dari Inggris tahun 1995. Dari hasil penelitian Ekspedisi tersebut ditemukan bahwa kawasan Sulawesi Tenggara ini memang kaya akan spesies koral.

Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu dari 50 taman nasional yang ada di Indonesia yang terletak di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Wakatobi ditetapkan secara sebagai Taman Nasional ditetapkan secara resmi pada tahun 2002, dengan total area 1,39 juta hektar. Kekayaan yang dimiliki Wakatobi adalah keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Di taman ini terdapat panorama keindahan alam bawah laut yang memiliki 25 buah gugusan terumbu karang. Gugusan terumbu karang dapat dijumpai sekitar 112 jenis dari 13 famili yang terletak pada 25 titik di sepanjang 600 km garis pantai. Di samping keindahan yang disajikan oleh beraneka ragam terumbu karang, taman tersebut juga memiliki ragam spesies ikan. Kekayaan jenis ikan yang dimiliki taman nasional ini sebanyak 93 jenis seperti ikan konsumsi perdagangan dan ikan hias. 

Wakatobi sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari gugusan pulau yang mengitarinya di antaranya ada Wangi-Wangi (Wa), Kaledupa (Ka), Tomia (To) dan Binongko (Bi). Semua pulau tersebut dapat di kunjungi oleh para wisatawan, Di Wakatobi, terdapat juga tiga jenis penyu yang sering mendarat di pulau-pulau yang ada di taman nasional yaitu penyu sisik, penyu tempayan, dan penyu lekang. Bagi para wisatawan yang menyukai keindahan alam bawah laut dapat melakukan beberapa kegiatan di Taman Nasional Wakatobi, seperti menyelam, snorkeling dan berenang untuk melihat gugusan terumbu karang yang indah dan berbagai hewan bawah laut dan juga menyaksikan berbagai kebudayaan masyarakat setempat. Jika Anda tidak bisa menyelam, Anda dapat melihat lumba-lumba yang muncul di atas permukaan. Tempat terbaiknya melihat lumba-lumba adalah di Pelabuhan Mola Raya yang bisa dicapai dalam waktu 20 menit saja. Anda bisa menggunakan perahu sewaan dari Kota Wanci, Wangi-Wangi. Fasilitas yang dimiliki ini juga cukup lengkap, mulai dari fasilitas jalan yang memadai hingga taksi yang lumayan jumlahnya. Tempat makannya juga tergolong bersih dan penginapan di sekitar harganya terjangkau. Untuk mencapai Wakatobi, kita dapat menggunakan pesawat terbang berangkat dari Jakarta menuju ibukota provinsi Kendari. Kemudian lanjutkan ke bandara Wakatobi. Namun, penerbangan hanya dilakukan dua kali seminggu saja.Jika menggunakan transportasi laut, maka kita harus melalu pelabuhan di Makassar, Sulawesi Selatan. Ada sarana kapal penumpang besar menuju Wakatobi. Sedangkan jika yang suka berpetualang jalur darat, bisa berangkat dari Makassar menggunakan bus atau mobil, kemudian perjalanan dilanjutkan ke Kolaka, dan berakhir ke Kendari. Dari Kendari kemudian menyeberang dengan kapal regular menuju Wakatobi.



Read 440 times Last modified on Monday, 28 December 2020 12:46