Sunday, 03 January 2021 00:00

Air Terjun Aling Aling di Buleleng, Bali

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Antara Foto Antara Foto

VOI PESONA INDONESIA Air terjun Aling-aling berada di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada , Kabupaten Buleleng, Bali. Destinasi Wisata ini  berjarak sekitar 110 kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai, atau memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Denpasar, ibukota Provinsi Bali. Untuk Masuk ke lokasi obyek wisata air terjun Aling-aling ini tidak dipungut biaya, tetapi disediakan kotak untuk donasi sukarela untuk biaya parkir kendaraan. Karena lokasi tempat wisata ini masih belum ditata dengan sempurna dan letaknya jauh di pedalaman, maka disarankan untuk menggunakan jasa warga sekitar sebagai penunjuk jalan.

setelah anda memarkir kendaraan untuk menuju Air Terjun Aling-aling, anda masih harus berjalan kaki yang di mulai dengan mnyusuri jalan setapak dan pematang sawah, sambil menikmati pemandangan indah sepanjang perjalanan. Selanjutnya anda masih harus menyusuri ratusan anak tangga dan di tengah perjalanan, anda sudah bisa menyaksikan keberadaan air terjun tersebut, yang terlihat begitu unik dan eksotis sambil mengabadikan aktivitas anda di air terjun Aling-aling.

tiba di lokasi air terjun Aling-aling, anda akan disuguhi pemandangan air terjun yang spektakuler. Keindahahan air terjun Aling-aling yang mempunyai ketinggian sekitar 35 meter itu terlihat begitu sempurna. Air terjun yang jatuh dari atas tebing mempunyai aliran air terjun yang unik karena terbelah dua dari atas. Bagian pecahan sebelah kanan memiliki debit air yang lebih besar dan deras. Tebingnya yang curam dengan batu-batu besar sepanjang aliran sungai, alam sekitarnya hijau membuat pemdangan di sekitar air terjun Aling-aling ini asri dan juga instagramable.

Di bawah air terjun Aling-aling terdapat sebuah cekungan seperti sebuah kolam yang tercipta secara alami karena guyuran air terjun secara terus menerus. Pegunjung bisa merasakan sensasi mandi dan berenang-renang di kolam menikmati segarnya air pegunungan. Karena air terjunnya mempunyai jalur air yang licin dan deras, maka oleh mereka yang berani bisa memanfaatkannya sebagai prosotan untuk meluncur ke kolam. Bagi pengunjung yang ingin menguji adrenalin, bisa mencoba terjun bebas dari atas tebing.

Obyek wisata air terjun ini buka mulai jam 07.00 pagi sampai 17.00 Waktu Indonesia bagian tengah (WITA). Obyek wisata ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, mulai dari tempat wisata kuliner seperti kafe dan juga restaurant serta penginapan. Pendengar, apabila anda sedang mencari destinasi liburan, Air terjun Aling-Aling bisa menjadi pilihan anda, tentu saja dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sekian pesona indonesia kali ini, kita berjumpa kembali besok. Inilah Voice of Indonesia di Jakarta.

                      

Read 465 times Last modified on Monday, 04 January 2021 13:23