Friday, 08 January 2021 00:00

Roti Samahani

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Foto : Antara Foto : Antara

Pesona Indonesia kali ini, akan memperkenalkan kepada anda Roti Samahani, kuliner khas Aceh. Berwisata ke provinsi Aceh, cobalah nikmati beragam kuliner khasnya. Salah satunya Roti Samahani. Roti Samahani merupakan jenis roti selai yang memiliki tampilan sederhana. Bentuk rotinya seperti roti lapis pada umumnya, namun, lebih kecil. Tekstur rotinya sangat lembut dengan selai srikaya kental berwarna kuning. Rasa selainya sangat manis.

 

Nama Samahani diambil dari nama daerah asal roti selai tersebut. Samahani merupakan nama wilayah di Kecamatan Kuta Alam, Kabupaten Aceh Besar. Pusat penjualan roti selai tersebut ada di pasar Samahani, tepatnya di lintasan Banda Aceh - Medan. Penjual roti selai Samahani sangat mudah ditemukan di tempat itu. Kelezatan roti selai Samahani terletak pada selainya. Bahan utama selai tersebut adalah campuran kuning telur, santan, tepung dan ula. Hal yang menarik dari roti selai satu ini ialah prinsip pembuatnya yang tidak memakai bahan pengawet pada selainya. Karenanya, roti selai Samahani hanya mampu bertahan dalam hitungan hari saja.

 

Roti selai Samahani disajikan dalam bentuk potongan-potongan berlapis. Ukurannya sekitar segenggam untuk satu lapis roti. Tidak sulit menemukan jenis roti ini di kota-kota di Aceh. Harga roti ini bervariasi, jika dibeli di tempat usaha yang khusus menjual roti tersebut, satu bar memiliki lima lapis roti dihargai Rp 8 ribu. Namun, jika di warung-warung kopi satu lapisnya dihargai Rp 2 ribu saja. Roti Samahani biasanya disantap pagi dan sore hari, ditemani dengan segelas Kopi Robusta khas Aceh.

Read 506 times Last modified on Friday, 08 January 2021 10:49