Sunday, 17 January 2021 00:00

Pesona Danau Paisu Pok di Sulawesi Tengah

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Antara Foto Antara Foto

VOI PESONA INDONESIA Potensi wisata alam di Indonesia memang tidak ada habisnya. Salah satunya adalah danau Paisu Pok yang terletak di Desa Lup Panenteng, kecamatan Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Danau Paisu Pok tidak kalah mempesona dari danau lainnya yang berada di Sulawesi, bahkan danau ini membuat decak kagum bagi siapa yang mengunjunginya.

danau alami ini dinamakan Paisu Pok yang berarti air hitam. Masyarakat sekitar menyebutnya demikian karena warna air di sekitar danau ini hampir hitam kebiruan bila dilihat dari jauh. Warna itu merupakan pantulan dari rumput serta tumbuhan lainnya yang tumbuh di bagian dasar danau, sehingga air yang berwarna biru terlihat lebih gelap. Uniknya danau Paisu Pok ini mempunyai 2 rasa. Dahulu pada awalnya danau ini dipenuhi dengan airnya yang asin, karena berada di dekat laut, tetapi seiring waktu karena proses alam membuat danau Paisu Pok juga mempunyai air tawar.

Danau Paisu Pok yang indah ini dikelilingi oleh hutan dan letaknya jauh dari kawasan perkotaan. Di danau yang merupakan salah satu danau terjernih di Indonesia ini, selain pengunjung bisa berperahu mengelilingi objek wisata danau Paisu Pok, pegunjung juga bisa menyelam untuk menikmati pemandangan bawah danau.   Karena airnya sangat jernih dan bersih, pengunjung bisa melihat aneka tumbuhan dari atas permukaan air dengan mata telanjang.

untuk sampai ke danau Paisu Pok ini, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam 30 menit dari Salakan ke Desa Lukpanenteng, tempatj objek wiata ini berada.   Dengan hanya membayar Rp. 5000 per orang, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan danau Paisu Pok, dan itu sudah termasuk bila anda snorkeling. Di sarankan untuk datang pagi-pagi jika ingin menikmati suasana yang sepi , tenang dan nyaman. Tempat wisata Danau Paisu Pok ini buka setiap hari.

Read 397 times Last modified on Monday, 18 January 2021 11:29