Monday, 25 January 2021 00:00

Pantai Kaluku, Sulawesi Tengah

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

VOI PESONA INDONESIA Donggala merupakan sebuah Kabupaten di Sulawesi Tengah. Ibukota kabupaten ini terletak di Banawa. Kabupaten ini terkenal dengan wisata baharinya karena Kabupaten Donggala berada dalam kawasan bukit bale dan lapaloang yang memanjang ke arah selatan dan dikelilingi dengan pesona pantai yang memukau. Wajar jika banyak wisatawan datang ke Donggala untuk menikmati keindahan pesona pantainya. Salah satu pantai baru yang kini sedang naik daun karena keindahannya adalah pantai Kaluku. Keindahan pantai ini dengan cepat tersebar berkat bantuan jejaring media sosial.

Sesuai dengan namanya, Kaluku dalam bahasa Kaili, suku mayoritas di Sulawesi Tengah, berarti kelapa. Di pantai tersebut memang kokoh menantang laut pohon kelapa milik warga setempat. Pohon kelapa menjulang tersebut terkumpul hanya di area masuk tempat wisata. Karena ditumbuhi banyak pohon kelapa itulah, orang-orang lokal menyebut pantai ini pantai Kaluku. Tanaman tahunan ini memang menjadi komoditi unggulan di Kabupaten Donggala. Dulu, Kelapa diolah menjadi kopra yang kemudian dikirim ke Makassar dan Surabaya. Setelah pelabuhan Donggala dipindahkan ke Pantoloan, aktifitas pengiriman kopra pun menjadi sepi.

Pantai ini memiliki air laut yang jernih dengan hamparan pasir putihnya nan elok. Di sepanjang pantai, pohon-pohon kelapa berdiri kokoh. Pasir putih membentang dari utara ke selatan sejauh 1 kilometer. Wisatawan pun berjemur, berlari, atau bermain bola di bentangan pasir tersebut. Di sana anda bisa berenang. Selain berenang, jangan lupa menyaksikan keindahan tenggelamnya matahari.

Pantai Kaluku berada sekitar 5 kilometer arah tenggara Desa Limboro. Tempat wisata ini berjarak sekitar 10 kilometer dari jalan nasional Poros Donggala-Mamuju. Pantai Kaluku letaknya berdekatan dengan objek wisata Pusat Laut. Pusat Laut adalah Sumur Raksasa yang terbentuk secara alami berdiameter 10 meter dan mempunyai kedalaman 7 meter.Masuk ke pantai ini anda pun tidak dikenakan biaya masuk maupun parkir.

Read 710 times Last modified on Monday, 25 January 2021 13:26