Tuesday, 26 January 2021 00:00

Air Terjun Tumpak Sewu

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO : PESONA INDONESIA FOTO : PESONA INDONESIA

 

VOI PESONA INDONESIA Air terjun ini disebut-sebut air terjun terindah di pulau Jawa. Air Terjun Tumpak SewuatauCoban Sewuadalah sebuahair terjunberketinggian sekitar 120 meter. Lokasinya terletak di dusun Jagalan, desa Sidomulyo, kecamatan Pronojiwo, kabupaten Lumajang. Dari pusat kota Lumajang, jaraknya 1,5 jam berkendara. Setibanya di lokasi anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000,- per orang dan berjalan sejauh 200 meter untuk menikmati keindahan air terjun dari dekat. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki formasi unik karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai.

berwisata ke Air Terjun Tumpak Sewu ada beragam aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan. Disini Anda bisa menikmati pemandangan air terjun. Anda cukup berjalan kaki sejauh 400 meter untuk bisa sampai ke Pos atau Gardu Pandang Panorama.Pos Panorama adalah sebuah tempat yang didesain oleh pengelola untuk wisatawan dengan pelindung jurang dari bambu.Di sana terdapat area yang lebih tinggi untuk bisa menikmati pemandangan air terjun dan mengabadikan gambar dengan latar belakang Air Terjun Tumpak Sewu. Pemandangan air terjunnya sendiri cukup unik karena bentuknya setengah lingkaran. Air terjun Tumpak Sewu berasal dari mata air dan keluar dari tebing.

Pos Panorama Anda bisa melanjutkan perjalanan ke lembah air terjun. Anda akan melewati jalur tanah dengan kombinasi bambu yang cukup terjal dan menuruni aliran air terjun kecil. Untuk melakukan perjananan kesini sebaiknya Anda menggunakan jasa pemandu. Di lembah Air Terjun Tumpak Sewu, anda akan diajak berjalan melewati tebing-tebing yang mengapit dan menyeberang aliran sungai. Selain Air Terjun Tumpak Sewu, di sini juga terdapat banyak air terjun kecil. Meski tidak setinggi Tumpak Sewu, namun tak kalah indahnya. Alirannya pun begitu jernih dan dingin khas air pegunungan. Air terjun kecil ini bermuara di kolam kecil di bawahnya. Anda juga dapat menceburkan diri di kolam ini. Di tempat ini juga terdapat sebuah goa. Goa ini bernama Goa Bidadari. Anda juga dapat memasukinya. Objek wisata Tumpak Sewu sudah dilengkapi berbagai fasilitas, seperti lahan parkir, toilet, rumah makan dan musala.

Read 501 times Last modified on Wednesday, 27 January 2021 14:24