Tuesday, 09 March 2021 00:00

Museum W.R Soepratman

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOI PESONA INDONESIA Pesona Indonesia Hari ini akan memperkenalkan kepada anda Museum W.R Soepratman. Pendengar,  Melalui Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013, setiap tanggal 9 Maret, masyarakat Indonesia kini merayakan Hari Musik Nasional. Hari Musik Nasional jatuh pada 9 Maret karena dianggap sebagai tanggal lahir Wage Rudolf Soepratman, seorang pahlawan dan pencipta lagu 'Indonesia Raya'. Karenanya, di peringatan Hari Musik Nasional ini, kami ajak anda berkelana ke Museum W.R Soepratman. Museum W.R Soepratman berlokasi  di Jalan Mangga 21, Tambaksari, Surabaya. Museum ini diresmikan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada 10 November 2018. Risma menyatakan bahwa tujuan dibangunnya museum itu adalah sebagai tanda apresiasi bagi para pahlawan yang pernah mewarnai sejarah perjuangan bangsa di Surabaya. Selain itu juga, sebagai pengingat dan pembelajaran bagi generasi bangsa agar tahu dan menghargai jasa para pahlawan.

Museum WR Soepratman merupakan bekas rumah tinggal W.R Soepratman selama di Surabaya. Rumah ini sebenarnya adalah milik kakak dari W.R Soepratman, yaitu Rukiyem Supratijah. Pada 1936, barulah W.R Soepratman menempati rumah tersebut untuk bersembunyi dari kejaran pasukan Belanda akibat menciptakan lagu Indonesia Raya.Bentuk Museum ini pun masih tetap dibuat sama seperti rumah W. R Soepratman dahulu dengan aksen tempo dulu yang khas. Mengunjungi Museum ini, anda akan melihat tepat di depan museum patung W.R Soepratman tengah memainkan biola di samping bendera merah putih.Biasanya, wisatawan akan berfoto di spot depan patung W.R Soepratman ini.

ada banyak spot foto menarik di Museum ini dengan nuansa vintage atau zaman dulu. Misalnya, anda bisa berfoto di depan berbagai kotak kaca koleksi museum. Ada juga koleksi replika biola W.R Soepratman di museum ini. Ada juga satu ruangan yang menggambarkan beberapa penghargaan dari negara untuk W.R Soepratman, misalnya perangko lama, uang rupiah bergambar W.R Soepratman, hingga nama jalan di beberapa titik Kabupaten - Kota di Jawa Timur. Museum W.R Soepratman buka setiap Selasa sampai Minggu mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Pengunjung tak dipungut biaya untuk tiket masuk alias gratis. Museum ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan dan WiFi gratis.

Read 351 times Last modified on Wednesday, 10 March 2021 09:54