Monday, 07 May 2018 00:00

Kampung Wuring, Nusa Tenggara Timur

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Di bagian Timur pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, terdapat sebuah perkampungan nelayan yang mayoritas adalah Suku Bajo yang berasal dari Sulawesi Selatan. Perkampungan itu bernama Kampung Wuring, sebuah perkampungan nelayan yang terletak di pinggiran kota Maumere, tepatnya di Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat.Kampung Wuring adalah perkampungan yang rumah penduduknya banyak didirikan di atas laut. Karena itu, ketika mengunjungi perkampungan ini, anda akan disajikan dengan pemandangan laut yang sangat indah. Kampung nelayan memang banyak ditemui di Indonesia, tetapi ada yang membedakan antara Kampung Wuring dengan kampung nelayan lainnya, yaitu meskipun wilayah pantai digunakan untuk tempat tinggal warga, air lautnya masih cukup jernih.

pada tahun 1992, saat di Flores terjadi bencana gempa dan tsunami, kampung yang perumahannya berdiri di atas air laut ini, hancur tersapu gelombang tsunami dan memakan banyak korban. Setelah bencana tersebut, ada beberapa penduduk yang pindah ke lokasi lain, namun sebagian besar memilih untuk tetap membangun kembali rumah mereka.

masyarakat Kampung Wuring terkenal sangat ramah. Mereka akan menyapa dengan senyum ketika berpapasan dengan pendatang yang memasuki wilayah mereka. Bagi anda yang ingin mengunjungi kampung ini tidaklah terlalu sulit karena jalur darat yang ada cukup mudah dilalui. Dari kota Maumere, anda akan menuju jalan Trans Flores yang menuju arah barat, setelah 1 km dari kota, akan ada belokan, pilih jalur arah kanan dan selanjutkan anda akan tiba di Kampung Wuring.

Read 1598 times