Tuesday, 29 May 2018 00:00

Pantai Menganti Kebumen Jawa Tengah

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Kebumen merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Karena lokasinya di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia, kabupaten ini dianugerahi pantai-pantai cantik yang wajib anda kunjungi, jika berwisata ke Kebumen. Salah satunya pantai Menganti. Karena begitu indahnya, pantai ini dinobatkan sebagai salah satu pantai terindah di provinsi Jawa Tengah. Lokasinya di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten KebumenPantai ini terletak di Kebumen bagian barat. 

 Menuju pantai Menganti dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Kebumen dengan jalanan yang cukup terjal. Namun semuanya itu akan terbayarkan ketika anda tiba di Menganti. Hamparan pasirnya putih dipadukan dengan birunya air laut. Pemandangan alamnya bertambah menakjubkan karena pantainya dikelilingi oleh buki-bukit hijau dan tebing alam yang menjulang tinggi. Berwisata ke pantai ini, anda bisa sepuasnya bermain air. Anda juga bisa berbaur dengan keseharian nelayan setempat yang bersahaja. Anda bisa membeli langsung tangkapan ikan para nelayan, yang nantinya bisa sekalian minta dibakar. Jadi anda bisa langsung menikmati segarnya ikan pantai Menganti

di pantai Menganti, anda bisa berkeliling menikmati keindahan alam pantai ini. Untuk mendapatkan pemandangan yang lebih indah, anda bisa mendaki bukit di sisi timur pantai. Di puncak bukit terdapat sebuah mercusuar buatan Belanda tahun 1912hingga 1915 setinggi 20 meter yang masih bisa dinaiki hingga ke puncaknya. Dari lokasi ini, anda otomatis akan dapat memandang seluruh kawasan pantai, lekuk-lekuk bukit karang membentang, hingga birunya samudra. Dari atas bukit ini, Anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbit dan tenggelam. Pantai Menganti telah dilengkapi beberapa fasilitas yang bisa digunakan, seperti gubuk, tempak duduk, bahkan sudah ada villa keluarga yang dapat disewa.

Selain Mercusuar, ada Tebing Karangbata yang bisa anda kunjungi saat berwisata di pantai Menganti. Letaknya di timur – tenggara pantai Menganti.Di Tanjung Karangbata, anda akan melihat luasnya Samudera Hindia dan sebuah pulau karang. Ada pula gubuk-gubuk untuk berteduh. Dari Tanjung Karangbata juga terlihat pantai lainnya seperti Pantai Karangbata dan pantai Peacron di sebelah timur. Jika musim penghujan tiba, tebing-tebing sebelah barat Pantai Menganti dihiasi empat air terjun yang mengucur dari ketinggian lebih dari 30 meter.

Read 3050 times Last modified on Wednesday, 30 May 2018 11:25