Wednesday, 04 August 2021 00:00

Kawah Rengganis

Written by 
Rate this item
(0 votes)




Propinsi Jawa Barat memiliki banyak obyek wisata alam yang indah dari gunung api, seperti objek wisata dari letusan gunung sunda purba yang terjadi beberapa juta tahun silam. Salah satunya adalah objek wisata alam Rengganis, namun warga sekitar lebih mengenalnya dengan nama Cibuni. Perubahan nama ini terjadi lantaran adanya perubahan pengelolaan wilayah di kawasan Ciwidey yang saat ini dikelola oleh Agrowisata Rancabali. Objek wisata Rengganis ini berada di wilayah  PT Perkebunan Nusantara VIII yang membidangi perkebunan teh di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Kawah Rengganis memiliki suasana sangat asri. Dengan pemandangan pepohonan yang menjulang tinggi. Sehingga, menambah asrinya kawasan ini. selain itu di sini, anda tidak akan mencium bau belerang yang menyengat. Kolam kawah bisa digunakan untuk mandi dan sebagai sebuah terapi kesehatan, karena Kawah disini dilalui dan dialiri oleh arus air sungai yang cukup bersih. Sehingga, aman digunakan untuk berendam.

Rengganis sendiri tidak terlalu jauh dari kawasan wisata Kawah Putih, Objek wisata ini berada di tengah-tengah hamparan kebun teh yang sejuk membuat lokasi Kawah Rengganis mempunyai keistimewaan tersendiri. Kombinasi udara sejuk sekitaran kebun teh bercampur hangatnya air jika kita berendam seakan menjadi perpaduan istimewa dan sempurna. Selain itu, kadar belerangnya mampu menyembuhkan penyakit kulit. Karena banyak dimanfaatkan sebagai terapi pengobatan dan kesehatan oleh para pengunjung, arus air panas di Rengganis ditata oleh pengelola dengan membuat sebuah tempat pemandian. Lokasi pemandian dan berendam para pengunjung ini terletak di dalam area wisata. Alasan lain mengapa anda wajib mengunjungi tempat ini adalah hadirnya fasilitas spa. Disini ada dua geyser kecil atau mata air panas yang bisa menyembur ke atas. Hasil semburan ini menciptakan uap yang cukup besar. Sehingga, anda bisa menggunakan tempat ini untuk mandi sauna alami. Rasakan pengalaman berbeda, dalam menikmati sauna nan panas langsung di alam. Kawah Rengganis juga mempunyai lokasi berupa lumpur. Konon katanya lumpur ini mempunyai khasiat khusus yaitu, mampu mengencangkan serta menghaluskan kulit.


Untuk mengunjungi objek wisata ini. anda bisa datang pada pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Dengan tenggang waktu buka yang cukup panjang kita dapat menikmati sepuasnya suasana air panas apalagi jika berkunjung untuk melakukan terapi. Menuju ke kawasan ini sebenarnya cukup mudah, dari Kota Bandung, ibukota Propinsi Jawa Barat, kita menuju Selatan ke arah Ciwidey tepatnya ke Situ Patenggang atau Glamping Lakeside Rancabali setelah sampai disitu silahkan lanjutkan lurus sejauh kurang lebih 2 ,5 KM dan kalianpun sudah sampai di kawasan pintu masuk Kawah Rengganis. Begitu juga bagi mereka yang ingin mengunjungi Kawah Rengganis dari wilayah Garut bagian Selatan. Harga tiket masuk kawasan ini adalah 5 ribu rupiah saja serta uang parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk motor dan 10 ribu rupiah untuk mobil. Fasilitas disini pun cukup lengkap mulai dari kedai makanan, toilet dan penginapan.

Read 270 times Last modified on Wednesday, 11 August 2021 21:42