Tuesday, 10 August 2021 00:00

“Nasi Kentut”

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Bila pandemi telah usai dan Anda berencana berwisata ke Indonesia, cobalah berkunjung kekota Medan, di Sumatera Utara. Kota yang memiliki banyak objek wisata nan indah dan juga kaya akan kuliner khasnya. Salah satu kuliner khas yang perlu dicoba adalah Nasi Kentut. Namanya mungkin terdengar aneh, tapi makanan satu ini punya cita rasa yang enak dan menyehatkan. Kuliner khas Medan ini diberi nama Nasi Kentut, karena ada bumbu unik yang diberikan, yaitu daun Sembukan atau dikenal dengan daun Kentut oleh masyarakat setempat. Sembukan atau dalam bahasa latin bernama Paederia foetida. Tanaman ini merupakan tanaman liar di alam terbuka seperti semak belukar. Di sebut daun Kentut karena memang memiliki aroma yang tidak sedap mirip seperti bau kentut manusia. 



selain menggunakan daun Sembukan, untuk membuat Nasi Kentut, nasi juga diolah dengan bumbu rempah-rempah lain seperti kunyit. Cara memasak nasi ini adalah dengan membungkus nasi yang sudah diberi bumbu dengan daun pisang dan selanjutnya di kukus atau dipanggang hingga matang. Setelah matang, aromanya begitu menggugah selera. Kuliner Nasi Kentut, sangat nikmat jika disantap bersama beragam lauk pauk. Ada beragam pilihan Lauk. Mulai dari ikan teri, kentang pedas, pepes oncom, tumis sayur, hingga ayam goreng. Dan jangan sampai ketinggalan sambal terasi atau sambal ijo sebagai pelengkap. Untuk menambah kenikmatan, Anda juga bisa menjadikan daun Kentut sebagai lalapan.

selain lezat, kuliner Nasi Kentut juga kaya manfaat, karena menggunakan daun Kentut sebagai salah satu bahan utamanya. Daun ini memiliki begitu banyak manfaat seperti mengobati segala keluhan yang berhubungan dengan lambung, sebagai obat herbal untuk menyembuhkan cacar ular (Herpes Zooster), juga terbukti meringankan gejala panas dalam seperti sariawan, sakit tenggorokan, bibir pecah-pecah dan bisa melancarkan peredaran darah. Bagi Anda yang tertarik menikmati kuliner Nasi Kentut, tidak sulit menemukannya di kota Medan, Sumatera Utara. Harganya juga cukup bersahabat, hanya sekitar Rp.10.000 hingga Rp. 15.000 per porsi, tergantung lauk yang Anda pilih. Jadi, jangan ragu menikmati Nasi Kentut, saat berkunjung ke Medan.

Read 269 times Last modified on Wednesday, 11 August 2021 21:40