Thursday, 21 June 2018 00:00

Nasi Goreng Anglo

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Nasi Goreng merupakan hidangan yang berbahan dasar utama nasi yang digoreng dengan beraneka macam bahan makanan, seperti telur, sayuran, hidangan laut, dan daging. Hidangan ini populer di berbagai negara di Asia Timur dan Asia Tenggara. Nasi Goreng adalah hidangan rumahan, dan biasanya dibuat dari bahan-bahan makanan yang ada atau tersisa di rumah. Selain hidangan rumahan, di beberapa negara, nasi goreng menjadi makanan jajanan populer yang dijual di pinggir jalan atau dijajakan keliling oleh pedagang keliling. Makanan ini pun kian berkembang dengan memiliki berbagai varian , bergantung bahan dasar nasi goreng itu sendiri.

berwisata ke kota Kediri, Jawa Timur, dan mencoba berbagai kuliner khasnya, anda akan menemukan varian nasi goreng yang unik di sana. Namanya Nasi Goreng Anglo. Nasi goreng anglo sebenarnya mirip dengan nasi goreng pada umumnya. Begitu juga dengan bumbu-bumbunya, nyaris tidak ada perbedaan dengan nasi goreng biasa. Hanya saja, cara memasaknya yang berbeda. Nasi Goreng Anglo dimasak dengan menggunakan tungku mirip kompor yang berbahan dari tanah liat atau terakota. Api yang dihasilkan berasal dari pembakaran arang sebagai pembakar utamanya.

Rasa Nasi Goreng khas Kediri ini begitu lezat dan sensasi rasanya tak biasa, ini tercipta dari Paduan arang dan aroma nasi gorengnya pun sangat kuat. Hal pembeda lainnya, nasi goreng Anglo dengan nasi goreng pada umumnya terletak pada takaran memasaknya. Nasi goreng anglo pada umumnya hanya satu porsi sekali masak. Artinya, berapapun jumlah porsi yang dipesan, menggorengnya juga dilakukan satu persatu. Untk bumbu-bumbunya, para pedagang biasanya mengolah sendiri bumbunya dengan menggunakan bumbu-bumbu tradisional.

Nasi Goreng Anglo sangat mudah ditemukan di sudut kota Kediri. Karena pada umumnya penjual nasi goreng di sana menggunakan Anglo untuk memasak nasi goreng. Hidangan ini biasanya dijumpai pada sore hingga malam hari, sekitar pukul 18.00 hingga 24.00 WIB. Selain nasi goreng, pedagang nasi Anglo juga menjajakan Nasi Mawut atau nasi goreng bercampur mie. Ada pula sop sayur, dan mie kuah. Harganya sendir masih relativ terjangkau. Untuk nasi goreng, mie, nasi mawut dibanderol dengan harga Rp 12.000 tiap porsi.

Read 2197 times