Friday, 22 June 2018 00:00

Kuliner Geblek Yogyakarta

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Masyarakat Kulon Progo, Yogyakarta mengenalnya dengan nama GEBLEK. Kuliner ini merupakan jajanan umum di Kulonprogo, seperti halnya pisang goreng, tempe, tahu, dan ubi goreng, karenanya Geblek mudah ditemukan di berbagai sudut kota Kulon Progo mulai dari pedagang kaki lima hingga rumah makan. Pedagang Geblek biasanya menjajakan kuliner ini seharga Rp.15.000 hingga Rp.20.000 per porsi. Satu porsi terdiri 6 biji Geblek.

Geblek terbuat dari bahan yang cukup sederhana, yaitu dari tepung kanji, bawang putih dan garam. Walaupun terbuat dari bahan yang sederhana, namun proses membuatannya membutuhkan ketelatenan. Dalam proses pembuatannya, tepung kanji dikukus sampai padat dan tidak sampai matang. Kemudian  ditiriskan lalu dibumbui dengan garam. Kemudian dikukus lagi sebentar, sekitar kurang lebih 10 menit. Kemudian ditiriskan lagi dan dibumbui dengan bawang putih yang sudah dihaluskan. Setelah itu dibentuk seperti angka delapan dan digoreng.

Geblek ini sangat nikmat bila disajikan selagi hangat. Karena bila lebih dari satu jam, Geblek akan terasa keras dan sangat alot. Namun apabila disajikan selagi hangat, Geblek akan terasa kering dibagian luar dan terasa kenyal di bagian dalam. Ketika disantap rasanya asin gurih. Geblek biasanya dimakan bersama besengek, yakni tempe lembut yang kuat rasa gurih santan kelapa. Perpaduan keduanya sangat nikmat. Geblek juga cocok dinikmati bersama segelas teh hangat. Kuliner ini biasanya hadir menemai masyarakat Kulon Progo bersantai bersama keluarga dan teman.

dahulu jajanan khas Kulon Progo ini hanya berwarna putih. Namun seiring perkembangan zaman, masyarakat mulai mengkreasikan kuliner Geblek. Warnanya kini beragam, tidak hanya berwarna putih, sehingga terlihat menarik. Kini Geblek pun bisa dijadikan oleh-oleh, bagi wisatawan yang berkunjung ke Kulon Progo. Kuliner ini bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama, sekitar empat hari walaupun tanpa bahan pengawet. Membeli Geblek sebagai oleh-oleh, anda bisa memilih Geblek yang sudah matang, atau pun masih mentah. Untuk oleh-oleh, anda bisa membeli Geblek di pasar-pasar tradisional di Kulon Progo. Nah, bagi andayang berwisata ke Kulon Progo, kurang lengkap rasanya jika anda belum mencicipi Geblek dan membeli Geblek sebagai buah tangan.



Read 884 times Last modified on Monday, 25 June 2018 17:09