Thursday, 28 June 2018 00:00

Rujak Donggala

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Bagi anda penggemar makanan pedas dan menyegarkan, anda wajib mencoba kuliner bernama Rujak. Kuliner ini terbuat dari paduan buah-buahan manis dan menyegarkan, serta bumbu yang pedas. Rasanya yang nikmat dan segar dapat membantu mengembalikan semangat anda yang mulai pudar. Dengan memadukan aneka buah-buahan segar, kudapan ini juga sangat sehat untuk dikonsumsi. Mencoba Rujak di Indonesia, anda akan menemukan berbagai jenis Rujak dengan kekhasannya masing-masing di tiap daerah. Misalnya saja, jika berwisata kuliner ke Cirebon, Jawa Barat, anda akan menemukan jenis rujak yang khas bernama Rujak Donggala.

Konon nama donggala berasal dari perpaduan isian kedondong, mangga, dan pala. Namun, saat anda menyantap rujak Donggala, ternyata tidak ada buah pala dalam rujak tersebut. Rujak khas Cirebon ini merupakan perpaduan antara manisan buah dan asinan sayuran. Proses pembuatan Rujak Donggala cukup panjang, buah kedondong, mangga muda, bengkuang, dan pepaya muda terlebih dahulu dijadikan manisan. Buahnya direndam di air gula dan kapur sirih hingga semalaman. Untuk sayuran, seperti sawi asin dan mentimun dibuat asinan dengan dicuci dan dimasak di air garam. Asinan adalah makanan yang dibuat melalui pengasian dengan garam. Sayuran lainnya, seperti sawi dan kol direbus dengan air kelapa.

Setelah sayur dan buah siap, kemudian disatukan di atas mangkuk. Lalu ditambahkan tauge segar, kacang goreng, dan bubuk cabai jika perlu. Selanjutnya bagian yang sangat penting adalah mengguyur kuah gula ke atas mangkuk. Kuah gula terbuat dari gula merah asli, tanpa cuka. Kuah gula diklaim aman bagi anda yang rawan sakit tenggorokan, atau batuk. Ketika disantap, Rujak donggala ini terasa manis bercampur pedas tipis dan terasa menyegarkan. Sayur kol terasa asin saat di kunyah. Rasa dari buah pepaya dan kedondong mengimbangi rasa asin dengan manis.

selain enak dan menyegarkan, rujak Donggala kaya akan serat yang dapat melancarkan pencernaan. Bagi anda yang tertarik menikmati kuliner khas Cirebon ini, Anda bisa mendapatkan rujak donggala di beberapa pasar tradisional Cirebon, antara lain Pasar Pagi dan Pasar Kanoman. Satu porsinya Rp 8.000. Anda juga bisa membawa pulang kuliner ini sebagai oleh-oleh, karena Rujak Donggala awet hingga dua hari diluar kulkas. Jika disimpan di dalam kulkas, tentu Rujak Donggala akan bertahan lebih lama.

Read 1526 times Last modified on Monday, 02 July 2018 09:36