Tuesday, 03 July 2018 00:00

Pulau Banyak

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Hari ini akan memperkenalkan Pulau Banyak. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang diapit Samudera Hindia dan Pasifik. Posisi Indonesia yang diapit oleh dua samudera ini menimbulkan efek ombak kelas dunia. Indonesia menjadi surga bagi peselancar. Bahkan, di kalangan peselancar, Indonesia dijuluki "Disneyland of Surfing", karena Indonesia punya banyak lokasi untuk berselancar yang menantang adrenalin. Menurut Ketua Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), Arya Subyakto, ada banyak sekali ombak kelas dunia, dari barat sampai timur Indonesia. Di ujung barat Indonesia, Arya menyebutkan ada Kepulauan Simeulue. Kawasan yang termasuk dalam Provinsi Aceh ini berada di tengah Samudera Indonesia. Tidak heran jika ombaknya mencapai lima meter dan menjadi surga bagi para penantang adrenalin. Selain Kepulauan Simeulue, di Aceh juga terdapat Pulau Banyak yang juga menjadi surga bagi peselancar.

Pulau Banyak terdiri dari gugusan pulau- pulau yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, tepatnya di ujung sebelah barat Pulau Sumatera. Mempunyai luas sekitar 27 ribu hektar, pulau Banyak sering pula disebut Kepulauan Banyak karena terdiri dari gugusan 99 pulau. Pulau banyak merupakan kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Ibukota kecamatannya adalah Pulau Balai. Perjalanan menuju Pulau Banyak lebih baik melalui kota Medan, Sumatera Utara, karena Medan merupakan kota terdekat menuju Singkil. Dari Medan menuju Singkil, anda bisa menggunakan jasa travel dengan ongkos Rp. 110.000. Selanjutnya dari Singkil, tersedia kapal tradisional di pelabuhan Jembatan Tinggi dengan biaya Rp. 25.000.

Sebagai daerah kepulauan, Pulau Banyak selain memiliki laut yang cukup luas juga pantai yang sangat panjang dan indah. Pasir pantainya pun sangat lembut. Sebagai surga bagi peselancar, terdapat 12 titik ombak di pulau Banyak. Ketinggian ombaknya mencapai 6 meter. Lokasinya tersebar di pulau Bangkaru, ujung Silingar dan bagian selatan Pulau Tuangku. Titik selancar yang paling banyak dikunjungi adalah pantai Amandangan dan pantai Pelanggaran di pulau Bangkaru. Biasanya para peselancar tinggal di kapal saja atau istilahnya live-on-board. Untuk sewa kapal, anda bisa sewa di pulau Balai. Selain surga bagi peselancar, Pulau banyak menjadi rumah bagi ribuan karang dan biota laut. Untuk menikmati keanekaragaman hayati bawah laut pulau Banyak, anda bisa menikmatinya dengan menggunakan perahu yang bagian bawahnya terbuat dari gelas kaca tembus pandang. Atau anda juga bisa langsung snorkeling dan diving. Kedua aktivitas tersebut bisa anda lakukan di Pantai Pulau Tailana, Rago- rago, Matahari, Pabisi dan Sikandang. Pantai-pantai tersebut merupakan pantai berkarang dengan airnya yang jernih, sehingga karang- karang yang berada pada kedalaman lebih dari 3 meter dapat terlihat dengan jelas.

Pulau Banyak merupakan daerah Konservasi penyu. Bagi anda yang tertarik mengamati penyu bertelur, pulau Bangkaru menjadi lokasi yang tepat. Kegiatan penjelajahan atau Adventure juga bisa dilakukan disini. Penjelajahan dapat dilakukan di pulau Tuangku dengan Treking yaitu berjalan kaki menyelusuri hamparan hutan sambil menikmati keindahannya. Perjalanan dapat dimulai dari Kampong Haloban. Disepanjang perjalanan anda dapat melihat Kancil, Beo Nias, Tupai, Babi Hutan dan Kupu- kupu.

 

Read 895 times