Monday, 02 July 2018 00:00

Curug Bentang, Jawa Barat

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Jawa Barat memang memiliki banyak air terjun yang tersebar di wilayahnya. Dari banyaknya air terjun tersebut, ada sebuah air terjun tersembunyi yang terdapat di Desa Sanca, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, bernama Curug Bentang. Curug Bentang berada dalam satu kawasan Desa Wisata Wangun Harja, sama dengan Curug Cibareubeuy.Curug Bentang adalah rangkaian air terjun yang terbagi menjadi 2. Air terjun pertama membentuk kolam kecil yang kemudian mengalir ke air terjun kedua yang lebih besar. Sejauh ini baru air terjun kedua yang dapat diakses, karena air terjun pertama lokasinya lebih kearah hulu, sehingga harus melewati hutan dan bukit.

Debit air Curug Bentang cukup deras dengan airnya yang jernih. Menikmati kesegaran air terjun dengan berendam atau berenang tentunya menjadi aktivitas wisata menyenangkan yang dapat dilakukan di tempat wisata ini.Curug Bentang berjarak sekitar 30 km dari Kabupaten Subang. Dari Subang atau Bandung, Curug Bentang dapat ditempuh selama 40-60 menit perjalanan darat melalui Desa Palasari, Sarireja, atau Kasomalang di Kecamatan Jalan Cagak. Kondisi jalan dari Palasari ke Sanca relatif bagus. Namun, karena petunjuk arah masih sangat minim, pengunjung harus bertanya pada penduduk sekitar.Setelah sampai di pintu gerbang, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 per orang. Dari gerbang ini, perjalanan menuju Curug Bentang hanya sekitar 1km, namun harus ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang menurun.

di lokasi wisata Curug Bentang ini sudah tersedia beberapa warung penjual makanan di dekat pintu gerbang masuk curug. Selain itu, didalam area wisata ini, tidak jauh dari gerbang masuk, ada beberapa villa penginapan sederhana yang disewakan bagi pengunjung untuk menginap.

Read 1068 times Last modified on Tuesday, 03 July 2018 08:27