Thursday, 05 July 2018 08:20

Evaluasi Libur Lebaran, Disparpora Bukittinggi Sumbang Pendapatan Asli Daerah Rp3,8 Miliar

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Momen lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah lalu, sangat menguntungkan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bukittinggi di sektor retribusi objek wisata. Kota ini dibanjiri pengunjung dari berbagai daerah hingga mancanegara. Tingginya tingkat kunjungan ke Bukittinggi itu, berdampak pada besarnya pendapatan kota di budang pariwisata. Terbukti, hingga akhir Juni 2018 lalu, pendapatan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi mencapai 3,8 miliar rupiah. Angka ini naik signifikan dibandingkan tahun lalu yang mencapai 2,5 milyar rupiah. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora)Kota Bukittinggi Erwin Umar, Selasa (3/7). Disparpora pun optimis angka tersebut masih terus bertambah hingga beberapa hari kedepan. Hal ini mengingat masa liburan sekolah masih terus berlanjut hingga 8 Juli 2018 mendatang. Erwin Umar menambahkan, terhitung Januari sampai akhir Juni tahun ini telah tercapai Pendapatan Asli Daerah 9 Miliar rupiah lebih dari 17 miliar rupiah yang ditargetkan.

Pangdam Iskandar Muda Ajak Masyarakat Basmi Narkoba

Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (IM), Mayjen TNI Hafil Fuddin mengajak masyarakat Bireuen, umumnya masyarakat Aceh untuk bersama-sama memberantas peredaran narkoba. Hal tersebut disampaikan Pangdam IM usai membuka Operasi Teritorial (Opster) TNI Tahun 2018 wilayah Kodim 0111/Bireuen di Lapangan Bola Desa Blang Asan Kecamatan Peusangan. Selasa, (3/7). Menurut Pangdam, di Kabupaten Bireuen masih terdapat peredaran narkoba. Selain itu, Kabupaten Bireuen juga dijadikan pelintasan narkoba. Pangdam mengatakan, dua bulan yang lalu, personel TNI Kodim 0111/Bireuen pernah menemukan ladang ganja seluas 20 hektare di Desa Balee, Kecamatan Peulimbang. Ia menghimbau masyarakat agar tidak takut untuk melaporkan kepada Aparat keamanan (Polri/TNI) apabila melihat peredaran narkoba. Dalam Opster TNI tersebut, ada dua kegiatan yakni, sasaran Non Fisik dan Fisik. Sasaran Non Fisik diantaranya pengobatan gratis, sosialisasi penerimaan TNI, penyuluhan narkoba, Hukum, wawasan kebangsaan Bhineka Tunggal Ika, pembinaan mental, pertanian dan perkebunan dan sunat massal. Sementara untuk sasaran Fisik, pengecatan meunasah atau rumah ibadah, perbaikan balai pengajian dan rehabilitasi sejumlah Rumah Tak Layak Huni serta Pemugaran Makam Habib Bukak. Peletakan batu pertama pembangunan pemugaran makam Habib Bukak di Jangka, dilakukan langsung oleh Pangdam IM, Hafil Fuddin.

Ketinggian Kolom Abu Gunung Agung Meningkat.

Asap pekat kembali terlihat mengepul dari puncak Gunung Agung, Rabu (4/7). Kepala Sub Direktorat Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Devy Kamil Syahbana kepada wartawan di Pos Pantau Gunungapi Agung, Kecamatan Rendang, Karangasem mengakui Gunung Agung kembali mengalami erupsi. Dikatakan, ketinggian kolom abu mengalami peningkatan dibandingkan erupsi sebelumnya. Peningkatan ketinggian erupsi abu dikatan Devy dipicu beberapa gempa vulkanik yang terjadi dalam sepekan terakhir. Ia mengatakan, peningkatan tinggi kolom ini berarti kemungkinan sudah ada injeksi magma baru yang menambah tekanan ke dalam tubuh Gunung Agung. Devy Kamil Syahbana menambahkan, erupsi susulan masih dapat terjadi, lantaran masih adanya suntikan magma baru didalam tubuh gunung setinggi 3.142 mdpl tersebut. Sehingga sampai saat ini Ia menyimpulkan bahwa aktivitas Gunung Agung masih tetap tidak stabil. Masih rawan untuk terjadi erupsi-erupsi selanjutnya. Devy Kamil Syahbana mengatakan, tingkat aktivitas Gunung Agung masih tetap di level III atau siaga dengan zona bahaya masih berada pada radius didalam 4 kilometer.

Read 987 times