Thursday, 19 July 2018 00:00

Pantai Bul-Bul

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Hari ini akan memperkenalkan Pantai Bul-Bul. Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, akan menjadi salah satu dari 51 kabupaten dan kota di Indonesia yang disinggahi kirab obor Asian Games 2018. Untuk kawasan ini kegiatan akan dipusatkan di Pantai Lumban Bul-Bul. Replika obor Asian Games itu akan datang dari Provinsi Aceh. Kemudian obor akan diinapkan di rumah persinggahan Bung Karno di Parapat, Kabupaten Simalungun. Dipilihnya Pantai Bul-Bul sebagai pusat acara kirab obor di Sumatera Utara merupakan keputusan dari Inasgoc (Asian Games 2018 Organizing Committee ). Pantai Bul-Bul dipilih mengingat pantai tersebut berada di kawasan perairan Danau Toba yang merupakan ikon wisata terbesar di Sumatera Utara.

Edisi Pesona Indonesia kali ini, akan memperkenalkan kepada anda Pantai Bul-Bul, yang menjadi salah satu lokasi kirab Obor Asian Games 2018. Pantai Lumban Bul-Bul atau dikenal juga pantai Bul-Bul terletak sekitar 2 kilometer dari Balige, kota kecil di dekat Danau toba, tepatnya berada di Desa Bulbul Lumban. Pantai ini menjadi ikon pantai di tengah keindahan danau Toba yang kaya akan pemandangan perbukitan dan pepohonan. Akses menuju pantai ini sangat mudah. Dari bandara Silangit, pantai Bul-Bul bisa ditempuh selama kurang lebih 30 menit menggunakan transportasi darat.

Untuk masuk ke pantai Bul-Bul, anda tidak perlu membayar tiket masuk. Anda cukup membayar parkir kendaraan Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per kendaraan, dan gubuk untuk istirahat sekitar Rp 20.000 hingga Rp 25.000. Masuk ke pantai Bul-Bul, anda akan langsung melihat hamparan pantai yang bersih dan landai sepanjang 800 meter. Pantai ini berair tawar dan memiliki kedalaman air hanya sebatas pinggang. Jadi anda tak perlu khawatir akan tenggelam ketika berenang disini. Menariknya, di pantai ini anda juga bisa bermain prosotan yang langsung meluncur ke daerah air yang dangkal. Selain itu, di pantai ini terdapat tangga untuk melompat dan jembatan yang bisa dijadikan sebagai spot foto di tengah air. Ketika sore menjelang, jangan lewatkan juga keindahan matahari tenggelam di pantai Bul-bul.

Pantai Bul-Bul menyedikan berbagai fasilitas bermain serta wahana menyenangkan yang disukai oleh banyak orang terutama anak-anak dan remaja. Seperti Banana Boat, Perahu atau Solu-solu dan Kapal yang dapat disewa untuk berkeliling disekitar Danau Toba. Bukan hanya itu, Pantai Bul-Bul juga memiliki fasilitas bermain bagi anak-anak seperti ayunan, papan loncat, dan lain sebagainya. Di sekitar Pantai Bul-Bul juga terdapat rumah-rumah para warga setempat yang dijadikan sebagai homestay bagi anda yang ingin bermalam.

Read 1097 times