Wednesday, 18 July 2018 00:00

Geopark Ciletuh, Sukabumi

Written by 
Rate this item
(0 votes)



Edisi kali ini, akan memperkenalkan salah satu tempat wisata di Sukabumi, Jawa Barat yaitu Geopark Ciletuh.

nama Geopark Ciletuh memang masih asing di telinga. Meski demikian Geopark Ciletuh ini sedang dalam proses penilaian oleh asesor UNESCO sebagai global geopark. Oleh karena itu jika lulus seleksi, maka Geopark Ciletuh akan resmi menjadi global geopark sekaligus menjadi situs warisan alam dunia yang dilindungi. Hal tersebut tentu akan membuat nama Indonesia semakin dikenal di kancah dunia atas keindahan dan kekayaan alamnya. 

Geopark Ciletuh berada di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Anda bisa menjangkau geopark ini dengan menggunakan jalur darat. Perjalanan ke tempat wisata ini dianjurkan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan dengan mesin 4WD karena medan jalan yang rusak parah. Total waktu tempuh perjalanan jika berangkat dari Jakarta hingga ke Geopark Ciletuh sekitar 7-8 jam.

Geopark Ciletuh sangat luas. Kawasan ini mencakup teluk besar Ciletuh yang memiliki puluhan kilometer garis pantai. Wisatawan bebas memilih pantai mana yang cocok untuk berenang. Mulai dari pantai kawasan Kecamatan Ciemas, sampai mendekati Kecamatan Jampang, Sukabumi.

Selain di pantai, wisatawan juga bisa berenang di curug. Ada lebih dari delapan curug yang sudah dibuka untuk wisatawan di kawasan Geopark Ciletuh. Namun harus berhati-hati saat berenang di curug, karena ada beberapa curug yang arusnya sangat deras seperti Curug Dog-dog dan Curug Cikaso. Untuk bisa sampai di curug-curig tersebut, wisatawan harus trekking terlebih dahulu melewati pepohonan rindang.

hal lainnya yang bisa dilakukan di Geopark Ciletuh, yaitu menikmati keindahan bawah lautnya. Untuk menikmatinya, wisatawan bisa snorkeling di spot pasir putih Pulau Kunti. Lokasi ini bisa ditemukan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari bibir pantai utama geopark.

Pengelola snorkeling di sini ialah dari Balawisata (Badan Penyelamat Wisata Tirta) setempat. Mereka memberi fasilitas sewa peralatan dengan biaya Rp 100.000 per satu kali snorkeling dengan batasan waktu 45 menit.

lelah seharian beraktifitas di Geopark Ciletuh, wisatawan masih dapat berlama-lama menikmati keindahannya. Salah satunya dengan bermalam di tempat ini. Ada beberapa lokasi yang menyajikan tempat untuk berkemah hanya dengan biaya Rp 20.000 saja. Dengan biaya yang relatif murah, wisatawan dapat tidur dikelilingi pemandangan menakjubkan, dari pantai, sawah, pegunungan dan lain-lain. Ditambah, melihat keindahan matahari terbit yang eksotis. 

Read 952 times