Wednesday, 13 July 2022 00:00

DUSUN BAMBU

Written by 
Rate this item
(0 votes)

(voinews)Bersantai sambil menghirup udara segar ditengah hamparan bukit hijau merupakan salah satu cara untuk menyegarkan jiwa dan raga kita. Menghilang dari kepadatan kota dan menjauhi polusi udara yang pekat harus dilakukan setiap bulannya. Di Indonesia hal ini kerap disebut oleh generasi muda saat ini dengan kata "healing". Ada banyak tempat yang sangat cocok untuk melakukan itu semua, salah satunya adalah dusun Bambu yang berlokasi tidak jauh dari Kota Bandung Jawa Barat. Memiliki lokasi seluas 15 hektar, tempat ini menjadi area ekowisata yang memadukan keselarasan budaya tradisional Sunda dalam satu wilayah. Tak hanya berupa taman rekreasi saja, di Dusun Bambu Lembang Jawa Barat juga tersedia penginapan dengan suasana yang romantis. Pengunjung yang hendak bermalam bersama keluarga, dapat menyewa villa dengan beberapa pilihan tipe yang tersedia.

Dinamakan Dusun Bambu karena daerah ini juga tempat dilakukannya konservasi bambu. Kita bisa melihat bermacam-macam jenis bambu dari seluruh Indonesia. Dusun Bambu Lembang Bandung dikatakan sebagai tempat wisata yang tepat dikarenakan banyaknya kegiatan yang dapat dilakukan di area ini. Dimulai dari aktivitas bermain hingga kegiatan wisata kuliner. Bagi penyuka kegiatan yang dekat dengan alam, tempat wisata ini bisa menjadi pilihan tepat. Beragam aktivitas outdoor bisa dilakukan seperti berkemah, bersepeda, joging sampai naik perahu mengelilingi danau buatan. Lokasi wisata ini juga menyediakan shuttle gratis untuk mengitari wilayah Dusun Bambu Bandung yang berangkat setiap 5 menit sekali. Tersedia juga sejenis pujasera yang disebut sebagai Pasar Khatulistiwa yang menyediakan aneka makanan, minuman, souvenir, bahkan sayur-sayuran. Bagi orang tua yang ingin menghibur anak-anaknya, maka dapat mencoba fasilitas Bamboo Playground. Aktivitas yang bisa dilakukan di sini yaitu melukis kaus, menyusuri danau dengan perahu, dan segala kegiatan lainnya yang terdapat di beberapa booth. Playground ini juga menyediakan wahana menyerupai labirin yang dapat ditelusuri oleh anak-anak.

Tempat rekreasi ini dibuka setiap hari dari Senin hingga Minggu dan Hari libur nasional tetap beroperasi. Desa wisata ini terletak di Jalan Kolonel Masturi, Situ Lembang, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, 40551. Dusun bambu baru dibuka kembali secara penuh untuk para pengunjung pada bulan Juli 2022. Sebelumnya dimasa pandemi tempat ini tetap buka namun jumlah pengunjung dibatasi secara ketat. Hal ini dilakukan menjaga dan menjamin keamanan dan kenyamanan. Selain itu seluruh manajemen dan staff nya melakukan protokol kesehatan ketat bagi setiap pengunjung yang datang. Tarif tiket masuk ke dusun Bambu sebesar 25 ribu sampai 150 ribu rupiah.

Read 100 times Last modified on Wednesday, 13 July 2022 12:57