Monday, 01 August 2022 00:00

Air Terjun Gedad, Yogyakarta

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Bentang alam Gunungkidul terdiri dari dataran tinggi dan bergunung-gunung, didominasi pegunungan karst atau kapur yang membentang hingga ke arah selatan Pulau Jawa, serta terbagi kedalam 3 topografi wilayah. Zona Selatan di Gunung kidul didominasi oleh bukit kapur yang berbentuk mengerucut dengan ketinggian hingga 300 meter diatas permukaan laut. Sementara pada Zona Tengah, anda dapat menemukan air terjun yang menarik serta sejumlah objek wisata budaya. Dan terakhir, Zona Utara yang berada pada ketinggian antara 200 hingga 700 meter diatas permukaan laut. Berwisata ke Zona Tengah Gunung Kidul anda akan menemukan berbagai Air Terjun indah. Salah satunya Air Terjun Gedad.

Air Terjun Gedad atau kerap disebut ATG oleh masyarakat sekitar, merupakan salah satu wisata baru yang terletak di dusun Gedad, desa Banyusoco, kecamatan Playen, Gunung Kidul. Disebut Air Terjun Gedad, karena air terjun ini berlokasi di dusun Gedad. Ada pula yang menyebutnya air terjun Banyusoco atau Air Terjun Playen yang juga berdasarkan nama desa dan kecamatan dari lokasi air terjun tersebut. Air Terjun Gedad berada di balik tebing kapur, tepatnya setelah melewati jalan menurun di sebelah kiri air terjun tadi. Sesampainya di lokasi Air Terjun Gedad, Anda akan disuguhi panorama air terjun yang menawan. Air terjunnya jernih dan bersih dari perbukitan kapur. Aliran air terjunnya deras menghantam bebatuan yang besar.

Air Terjun Gedad punya keunikan tersendiri, meski ketinggiannya hanya 10 hingga 15 meter. Dindingnya lebar, serta bertingkat-tingkat sehingga air terjun turun seperti keluar dari dinding-dinding. Pesona alam ini menjadi pemandangan indah dan sangat keren jika menjadi latar atau background foto anda. Jembatan-jembatan dari kayu dan bambu serta pohon-pohon Kelapa yang tinggi menjulang, menambah eksotis lokasi air terjun tersebut. Di atas air terjun Gedad terdapat sebuah pesantren peninggalan kyai Dardak, sesepuh dusun tersebut. Selain berfoto, anda bisa menikmati kesegaran air terjun ini.

dari pusat kota Yogyakarta, letaknya sekitar 50 kilometer dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Untuk menikmati pesona alam Air Terjun Gedad, anda tidak perlu membayar tiket masuk, tetapi bila anda menggunakan kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk motor.

Read 91 times Last modified on Monday, 01 August 2022 11:22