Sunday, 21 January 2018 00:00

PESONA INDONESIA

Written by 
Rate this item
(0 votes)

KOPI KERTUP DARI GAYO, ACEH

VOI PESONA INDONESIA Hari ini akan mengajak anda mengunjungi Aceh yang merupakan ibukota provinsi Aceh, untuk mencicipi kopi khas Aceh. Aceh selain terkenal dengan Serambi Mekkah, juga popular dengan warung-warung kopinya. Di Aceh terdapat dua jenis kopi yang dibudidayakan, yaitu kopi Arabika  dan kopi Robusta. Untuk kopi jenis Arabika umumnya dibudidayakan  di wilayah dataran tinggi “Tanah Gayo, Aceh Tenggara dan Gayo Lues”, sedangkan di Kabupaten  Pidie terutama wilayah Tanse dan Geumpang  serta Aceh Barat lebih dominan  dikembangkan kopi jenis Robusta.

kopi Gayo memang terkenal dengan rasa pahit gurihnya dan aromanya yang tajam. Di dataran tinggi Gayo Aceh  ada cara minum kopi yang diwariskan   secara  turun temurun disebut Kopi Kartup.  Pada dasarnya, kopi kartup adalah minum kopi tubruk yang disajikan bersama dengan potongan gula aren. Gula aren atau gula merah ini menambah kaya rasa kopi di lidah.

kertup berasal dari bahasa Aceh yang berarti digigit. Cara menikmati kopi kertup ini yaitu dengan cara meminum kopi terlebih dulu kemudian memasukkan potongan gula aren ke dalam mulut. Kunyah pelan-pelan gula aren agar tercampur antara rasa kopi dengan gula aren. Rasakan sensasi campuran kopi cair dan lelehan gula aren, dan resapi rasa dari kafein yang bertemu  dengan gula aren di langit-langit mulut, rasanya unik sekali. Rasa manis yang dihasilkan oleh gula aren berbeda dengan rasa manis  dari gula pasir.saat ini kopi kertup dari Gayo  sedikit susah ditemukan. Hanya  pengelola dari keturunan Gayo lah yang melestarikan tradisi minum kopi ini. Bagi anda yang ingin mencoba minum kopi ala kopi kertup bisa melakukannya sendiri asalkan mengikuti cara-caranya.

Pilihlah kopi bubuk yang berasal dari Gayo yang sekarang sudah banyak dijual dan dikemas secara apik.   Mengapa kopi Gayo? Ini tak lain agar mendapatkan rasa yang tidak jauh berbeda Karena Kopi Kertup berasal dari Gayo, Aceh. Sebelumnya anda harus masak air hingga mendidih, kemudian  tuang air kurang lebih 100-120 cc untuk 1-2 sendok makan kopi. Jangan tuangkan air panas sekaligus, tapi bagi untuk dua kali tuang.  Pertama tuang sebanyak seperempat nya, biarkan  bubuk kopi larut terkena air, lalu aduk tanpa menggunakan sendok, caranya dengan memutar gelas. Setelah tercampur, tuang sisa air ke dalam gelas Diamkan beberapa saat agar aroma keluar.  Bubuk kopi yang kasar akan berada di atas permukaan Turunkan atau pinggirkan dengan menggunakan sendok. Tunggu beberapa saat, kopi sudah bisa dinikmati. Jangan lupa untuk menyiapkan gula arennya. Sensasi  unik segera anda rasakan.

menikmati kopi kertup  adalah cara lain  menikmati kopi tubruk. Hadirnya  gula merah atau gula aren di jamin menambah   kaya rasa kopi di lidah.

demikianlah edisi Pesona Indonesia kali ini, dengan topic  Kopi Kertup dari Gayo, Aceh. Kita akan berjumpa kembali esok dengan topik-topik menarik lainnya. 

 

Read 1322 times Last modified on Tuesday, 23 January 2018 08:40