Tuesday, 23 January 2018 11:52

Kopi Sanger

Written by 
Rate this item
(1 Vote)


Bagi anda pencinta kopi, anda wajib mengunjungi Indonesia, karena Indonesia kaya akan kopi lokalnya dengan berbagai kekhasan rasa dan pengolahan. Ada pula cara penyajian kopi yang tidak kalah menarik yang bisa anda temui di berbagai daerah di Indonesia seperti Kopi Joss, Kopi Durian, Kopi Tarik, hingga Kopi Tubruk. Bila Anda berkunjung ke Aceh, cobalah untuk menikmati kopi dengan racikan khas Aceh di kedai-kedai yang tersebar di berbagai daerah di Aceh. Pada umumnya, kedai-kedai kopi di Aceh akan menawarkan anda Kopi Sanger (dibaca Sangeeh), perpaduan kopi hitam dengan susu. 

Kopi Sanger adalah awalnya bernama Kopi Sanggeng. Dalam Bahasa Aceh, sanggeng berarti bodoh. Disebut bodoh karena takaran kopi dan susu yang ada di kopi sanggeng jauh lebih sedikit  dibanding kopi susu pada umumnya. Takaran yang jauh lebih sedikit pun menyebabkan harganya jauh lebih murah dari kopi susu biasa. Nama Sanggeng berganti ke Sanger, karena di tahun 1990-an, kopi sanggeng populer di kalangan mahasiswa. Cukup populer, karena harganya yang murah. Porsi yang sedikit dan harga yang pas di kantong mahasiswa menjadikan kopi ini sebagai kopi yang “paling mengerti” keadaan mahasiswa masa itu. Dari sanalah istilah sanger muncul yang merupakan singkatan dari “sama – sama ngerti.”

selain memiliki kisah yang unik, Kopi Khas Aceh ini juga punya keunikan dalam penyajiannya. Awalnya bubuk kopi hitam dimasukkan ke dalam saringan kain.

Lalu air yang telah mendidih dituangkan ke dalam saringan tersebut selama beberapa kali. Kopi yang telah disaring tersebut akan ditarik panjang selama beberapa kali, secara bergantian dan akan pindah ke mug atau gelas yang berbeda secara berulang. Secara sederhana mirip dengan cara pembuatan teh tarik. Setelah dirasa pas, kopi kemudian dituang kedalam cangkir yang telah berisi susu kental manis. Takaran susu hanya boleh mencapai garis paling bawah dari dasar gelas. Kopi yang telah bercampur dengan susu lalu dikocok sampai berbusa. Setelah itu, kopi sanger pun siap disajikan.

Meski takarannya lebih sedikit dari kopi susu pada umumnya, kopi sanger memiliki sensasi rasa yang berbeda. Kopi ini juga punya aroma yang khas. Ketika dinikmati, rasa kopinya pun sangat kuat dengan sedikit rasa manis dari susu. Untuk menikmati segelas kopi sanger, anda hanya perlu merogoh kocek antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Harga itu tergantung dari jenis kopi—robusta atau arabika dan penyajiannya, panas atau dingin.

demikianlah edisi Pesona Indonesia kali ini, dengan topik Kopi Sanger. Besok, akan berjumpa kembali dengan topik- topik menarik lainnya.

Read 2784 times Last modified on Tuesday, 23 January 2018 12:44