Wednesday, 03 August 2022 00:00

Pantai Tanjung Kelayang

Written by 
Rate this item
(0 votes)

VOI PESONA INDONESIA Diapit oleh Selat Gaspar dan Karimata, di lepas pantai timur Sumatera, disitulah letak Pulau Belitung yang diberi anugerah banyak pantai memukau dan pemandangan yang luar biasa. Salah satu pantai yang memukau dan menjadi salah satu tujuan wisata menarik adalah Pantai Tanjung Kelayang, di bagian utara pulau, yang merupakan jantung dari kemegahan Pulau Belitung. Bermula dari sebuah pulau yang dihuni oleh beberapa kerajaan yang berkembang, pada tahun 2000, Pulau Belitung dan Pulau Bangka bersatu menjadi provinsi ke-31 di Indonesia dengan nama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sebelumnya Pulau Bangka dan Belitung adalah bagian dari Provinsi Sumatera Selatan. Meski letaknya terpencil, destinasi Patai Kelayang ini berkembang menjadi resor terpadu yang luas mengikuti kebijakan pemerintah yang menetapkan kawasan tersebut sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan ditetapkan sebagai 10 Destinasi Pariwisata Prioritas.

Jika Anda berlibur ke Tanjung Kelayang bersiaplah untuk terpesona berbagai spot wisata yang menakjubkan. Ada beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi di sekitar Tanjung Kelayang seperti Pulau Lengkuas, Pulau Batu Berlayar, Pantai Tanjung Tinggi, dan Pulau Kepayang. Jarak antar pulau yang berdekatan memudahkan Anda untuk melakukan island hopping dalam satu perjalanan. Panorama pantai khas Tanjung Kelayang dengan pasir putih, batuan granit besar, dan jernihnya air laut berwarna hijau kebiruan siap memikat setiap mata yang berkunjung. Selain itu, Tanjung Kelayang juga memiliki Desa Nelayan Tanjung Binga. Bagi Anda yang ingin tahu seputar keseharian nelayan, memancing, dapat berinteraksi bersama penduduk lokal daerah tersebut.

Cara terbaik untuk mengenal suatu wilayah, salah satunya adalah melalui makanannya. Makanan yang wajib Anda cicipi ketika anda berada di Tanjung Kelayang adalah Gangan ikan dan ketam isi yang merupakan olahan daging kepiting yang diberi bumbu lalu dibalut kembali dengan cangkangnya. Selain makan di sana, kuliner khas Belitung seperti ketam isi dalam bentuk frozen, belacan ( terasi), sambal lingkung, sirup jeruk kunci, dodol, ikan asin jambal roti, kerupuk siput gonggong dan kopi juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.   Untuk mencapai Tanjung Kelayang, cara terbaik adalah pertama menuju Bandara Tanjung Pandang Belitung dan membutuhkan waktu 45 menit penerbangan dari Jakarta. Kemudian dari Bandara menuju Tanjung Kelayang membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit hingga satu jam perjalanan. Perjalanan Anda dijamin tidak akan bosan karena sepanjang jalan akan ditemani panorama yang indah.

Read 112 times Last modified on Tuesday, 09 August 2022 10:24