Thursday, 26 July 2018 00:00

Pantai Gigi Hiu

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Hari ini akan memperkenalkan Pantai Gigi Hiu. Enam obyek wisata unggulan Indonesia hadir dalam seri billboard Asian Games 2018. Enam destinasi ini hadir untuk mewakili destinasi wisata Indonesia dari berbagai wilayah di ASIAN GAMES 2018, sekaligus untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Mereka adalah Candi Borubudur di Jawa Tengah, Pantai Gigi Hiu di Lampung, Pura Ulun Danu Beratan di Bali, Tana Toraja di sulawesi Selatan dan Pulau Padar di Nusa Tenggara Timur. Satu dari enam destinasi wisata Indonesia ini akan kami perkenalkan kepada anda, yakni Pantai Gigi Hiu di provinsi Lampung. Pantai ini berlokasi di Pantai Pegadungan, Kecamatan Klumbaya, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Nama pantai ini memang cukup seram, namun tak berarti pantai ini menyeramkan. Diberi nama pantai Gigi Hiu, bukan pula karena terdapat banyak ikan predator tersebut di pantai ini, melainkan karena di sana terdapat karang yang menjulang dan memiliki kontur tajam. Gugusan karang itu tersusun secara alami dan tampak seperti gigi hiu. Gugusan batu karang ini terletak tak jauh dari bibir pantai dan punya ketinggian sekitar 10 meter. Pantai ini punya beberapa nama yang diberikan oleh penduduk setempat. Pantai Gigi Hiu lebih dikenal warga lokal dengan sebutan Pantai Pegadungan atau Pantai Batu Layar.

Pantai Gigi Hiu merupakan gugusan pantai yang berada di teluk Semaka, yang berhadapan langsung ke Samudra Indonesia. Tak heran, jika ombak di pantai ini cukup besar. Karenanya anda tidak disarankan berenang atau snorkeling di pantai ini. Tak seperti pantai pada umumnya yang menawarkan aktivitas bahari, Pantai Gigi Hiu justru menawarkan keindahan panorama alamnya dengan karang-karangnya yang menjulang tinggi, sehingga memang kebanyakan wisatawan yang datang merupakan orang-orang yang ingin mengabadikan keindahan alam melalui lensa kameranya. Waktu terbaik berkunjung ke pantai ini ialah saat matahari terbit dan tenggelam.

Dari Bandar Lampung, ibukota Provinsi Lampung diperlukan waktu tiga hingga empat jam perjalanan menuju ke Teluk Kiluan. Pantai Gigi Hiu terletak hanya sekitar lima kilometer dari Teluk Kiluan. Perjalanan menuju ke sini dapat diakses dengan menggunakan sepeda motor atau mobil jenis four wheel drive. Di pantai Gigi Hiu, tidak tersedia hotel tetapi tersedia penginapan di rumah warga yang tidak jauh dari lokasi wisata. Atau bagi anda yang ingin menginap, anda bisa berkemah di pantai ini. Pantai Gigi Hiu berdekatan dengan tempat wisata Teluk Kiluan yang memiliki lumba-lumba. Jadi, selepas berwisata ke pantai Gigi Hiu, sempatkan diri anda untuk mengunjungi wisata Teluk Kiluan.

Read 881 times